Sukses

Gandeng Nokia, Telkomsel Targetkan Kenaikan Pengguna Data

Internet sudah jadi hal yang lazim diketahui banyak orang. Akan tetapi, pengguna layanan data masih belum terdistribusi dengan baik ke daerah pelosok.

Ponsel memang bukan barang mewah, namun jumlah pengguna layanan data di Indonesia masih belum merata. Telkomsel dan Nokia bekerjasama untuk meningkatkan jumlah pengguna data di Tanah Air.

Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia bekerjasama dengan Nokia demi meratanya jumlah pengguna data ke daerah pelosok. Kedua perusahaan tersebut menyediakan paket bundling ponsel Nokia Asha dengan starter pack Telkomsel.

Masyarakat yang tidak tinggal di perkotaan ternyata masih banyak ponsel yang menyediakan fitur layanan data. Nokia dan Telkomsel menargetkan masyarakat pedesaan dan kalangan remaja untuk menjajakan paket bundling barunya tersebut.

"Pengguna layanan data dari kalangan remaja dan masyarakat pedesaan masih rendah, kami akan memfokuskan pasar tersebut agar pengguna layanan data bisa menyebar secara merata," ujar Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel.

Seri Asha yang di-bundling dengan Telkomsel adalah Nokia Asha dengan model 305, 306, 308, 309, dan 311. Sedangkan jenis feature phone yang di-bundling dengan Telkomsel diantaranya Nokia 109, Nokia 110, dan Nokia 112. Nokia yang di-bundling dengan Telkomsel dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 800 ribuan hingga Rp 1,1 jutaan.

Selain harga khusus bagi pelanggan Telkomsel, Nokia juga menyediakan sekitar 40 aplikasi game di Nokia Life yang bisa dinikmati secara gratis bagi pengguna Telkomsel yang memakai paket data Nokia Asha.

"40 aplikasi game kami berikan gratis bagi pelanggan Telkomsel yang memakai Nokia seri Asha," papar Presiden Direktur Nokia Indonesia, Martin Chirotarrab pada acara peluncuran bundling Nokia-Telkomsel di Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Telkomsel memberikan harga khusus bagi pengguna paket data Nokia Asha. Pelanggan Telkomsel juga bisa membeli konten di Nokia Life dan membayarnya dengan cara potong pulsa senilai konten yang dibelinya.

"Pelanggan Telkomsel bisa membeli konten di toko aplikasi Nokia secara langsung, pembayarannya cukup dengan menggunakan pulsa yang dimilikinya," tambah Chirotarrab.

Namun, tak seperti paket bundling kebanyakan yang memberikan penawaran khusus bagi pengguna baru, Telkomsel juga memberikan harga paket yang sama bagi pelanggan Telkomsel lama yang menggunakan ponsel Nokia Asha.

Paket

Harga

Periode

Value

Data (MB)

Voice (menit)

SMS

Harian

Rp 1.500

1 hari

10

-

5

Mingguan

Rp 5.000

7 hari

100

15

15

Bulanan

Rp 20.000

30 hari

500

60

60

3 Bulan

Rp 50.000

90 hari

500

60

60


Dalam kerjasama ini, Telkomsel menargetkan dapat menambah 6 juta pelanggan dalam setahun dengan rata-rata penambahan 500 ribu pelanggan tiap bulannya.

Dari sisi jumlah, pelanggan Telkomsel masih yang terbesar di Indonesia. Sampai saat ini total pelanggan seluler Telkomsel tercatat sudah mencapai 125 juta.  (DEN/DEW)


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.