Sukses

Profit Samsung Melonjak 76% Berkat Lini Produk Galaxy

Samsung Electronics mengumumkan laporan keuangan perusahaan. Laba Samsung melonjak 76% pada kuartal empat 2012, berkat larisnya smartphone dan tablet Samsung Galaxy.

Samsung Electronics mengumumkan laporan keuangan perusahaan. Yang mengesankan, laba Samsung melonjak 76% pada kuartal empat (Q4) 2012. Ini berkat larisnyasmartphone dan tablet lini Samsung Galaxy.

Dikutip dari BBC, Jumat (25/1/2013), laba bersih (net income) Samsung melonjak drastis menjadi 7,04 triliun won (atau $6,6 milyar), naik dari 4,01 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Keuntungan mobile perusahaan juga naik lebih dari dua kali lipat pada periode yang sama.

Pada Q4 2012 tersebut, Samsung berhasil mencatatkan pendapatan sebesar 56 triliun won ($52,6 milyar), naik 19 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Hampir setengah dari pendapatan tersebut datang dari divisi komunikasi mobile, yaitu dari penjualan smartphone Samsung Galaxy S3 dan tablet Galaxy Note 2.

Sekedar informasi, pada awal bulan ini Samsung mengumumkan bahwa mereka berhasil menjual lebih dari 100 juta smartphone seri Galaxy sejak diluncurkan pada bulan Mei 2010.

Di lain sisi, Divisi Display Samsung, yang membuat panel datar untuk TV, dilaporkan mencetak rebound pada Q4 2012 hingga menghasilkan keuntungan setelah tahun sebelumnya menderita kerugian.

Penjualan tersebut terdongkrak oleh produk dioda pemancar cahaya organik, atau OLED, yang digunakan pada layar smartphone Galaxy.

Perusahaan juga mengatakan belanja modal tahun ini akan relatif sama dengan tahun 2012, namun analis memprediksi Samsung akan memotong belanja modalnya untuk tahun ini. (DEW)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.