Sukses

Ini Dia Mobil Listrik Karya Anak Negeri ITS Surabaya

Hampir seluruh komponen utama mobil ini merupakan karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mobil ini diberi nama Electric City Car.

Anak-anak Indonesia memang kreatif. Sebuah mobil listrik berhasil dibuat oleh tangan-tangan kreatif mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Mereka berhasil membuat sebuah mobil listrik jenis 4-seater berkonsep city car yang diberi nama "Electric City Car" (EC-ITS). Mobil ini secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, M. Nuh, pada Sabtu (26/1/2013) lalu di halaman Gedung Rektorat ITS. Turut hadir sejumlah pejabat ITS, tim perancang dan mahasiswa.

Nuh berpesan agar ITS tidak hanya melakukan penelitian untuk mengembangkan mobil ini saja, namun juga mengedukasinya kepada masyarakat. "Jika masyarakat dan kampus mampu bersinergi, bangsa Indonesia pasti bisa maju," tutur Nuh.

Istilah EC-ITS 1.0 sendiri diambil dari filosofi mobil listrik itu sendiri. Kata EC yang dibaca easy memiliki makna bahwa membuat mobil listrik itu mudah jika kita mau. Sedangkan kata ITS 1.0 artinya mobil listrik ini merupakan karya anak ITS versi pertama.

Dikutip dari situs resmi ITS, hampir seluruh komponen utama mobil merupakan karya mahasiswa ITS, mulai dari sistem penggerak, platform, body design, hingga sistem kontrol. Hanya saja baterai dan motor penggerak memang terpaksa harus dibeli dari luar negeri karena penelitiannya masih belum selesai.

"Nantinya seluruh komponen mobil ini murni dari ITS," jelas Muhammad Nur Yuniarto selaku dosen pembimbing proyek EC-ITS 1.0.

Mobil ini sendiri baru dapat menampung daya listrik sebesar 5 kilowatt per jam (kwh) saja, dengan kecepatan maksimum hingga 40 km/jam. Nur mengatakan mobil ini akan terus disempurnakan hingga nantinya mampu mencapai kecepatan 80 km/jam. (DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini