Sukses

Selamat Ulang Tahun Ke-9 Facebook...

Tepat sembilan (9) tahun yang lalu, Facebook hanyalah sebuah situs jejaring sosial yang dipakai di lingkungan kampus Harvard saja. Penggunanya hanya ratusan.

Tepat sembilan (9) tahun yang lalu, Facebook hanyalah sebuah situs jejaring sosial yang dipakai di lingkungan kampus Harvard saja. Penggunanya hanya ratusan.

Facebook awalnya diciptakan oleh Mark Zuckerberg dan empat temannya - Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Andrew McCollum dan Chris Hughes - selama mereka di Harvard University. Sekarang situs ini sangat fenomenal.

Facebook adalah penerus situs jejaring sosial Facemash yang diciptakan Zuckerberg pada tahun 2003. Facemash berhasil mendapatkan pengguna sebanyak 450 orang dalam waktu hanya 4 jam saja.

Tahun 2004, setelah sekitar satu minggu coding, Zuckerberg lalu mengembangkan situs yang lebih luas dengan nama "The Facebook". Situs The Facebook awalnya hanya dipakai kalangan mahasiswa Harvard saja. Namun seiring popularitasnya yang terus menanjak, Zuckerberg memperkenalkannya ke kampus-kampus lain.

Kala itu, semua orang membicarakan The Facebook di Harvard. Lebih dari 650 mahasiswa telah mendaftar ke thefacebook.com hanya dalam beberapa jam sejak diluncurkan. Dan lebih dari setengah populasi mahasiswa di Harvard telah mendaftar ke layanan itu hanya dalam satu bulan pertama.

The Facebook kemudian berganti nama menjadi Facebook. Setahun kemudian Zuckerberg membeli domain facebook.com sebesar $200.000. Sejak itu Facebook terus berkembang, bahkan Facebook go public pada tahun lalu. Situs ini mencapai rekor 1 miliar pengguna pada bulan September 2012.

Hari ini, Facebook genap berusia 9 tahun. Dan Facebook telah berhasil menguasai dunia jejaring sosial. Selamat ulang tahun Facebook!  (DEW)

 

 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini