Facebook Kembangkan Aplikasi Pelacak Lokasi via Ponsel

  • Internet
  • 0
  • 05 Feb 2013 18:04

faceboook-130205c.jpg
Siapa yang tak kenal Facebook? Situs jejaring sosial yang hari ini genap berusia 9 tahun dikabarkan tengah sibuk mempersiapkan aplikasi baru.

Menurut sumber internal perusahaan, Facebook sedang mengembangkan aplikasi yang memungkinkan penggunanya melacak dan menemukan keberadaan teman mereka melalui perangkat ponsel. Aplikasi ini tengah disiapkan oleh tim pengembang yang diketuai oleh Peter Deng.

"Timnya didukung dengan insinyur dari Glancee, layanan lokasi pelacakan yang diakusisi Facebook pada bulan Mei - dan Gowalla, layanan lokasi jaringan sosial yang asetnya dibeli pada Desember 2011," ujar Deng selaku Product Director Facebook kepada Bloomberg, seperti dikutip Liputan6, Selasa (5/2/2013).

Berbeda dengan aplikasi yang sempat dirilis Facebook pada 2011 lalu yang hanya mampu berbagi lokasi dengan teman, aplikasi pelacak lokasi ini nantinya dapat dijalankan setelah Facebook merekam koordinat lokasi keberadaan pengguna dengan menggunakan GPS.

Bahkan meski ponsel tidak terhubung ke internet dan pengguna tidak membuka halaman Facebook, aplikasi ini diklaim tetap bisa bekerja.

Sebagaimana dilansir The Verge, Facebook berharap bisa mengembangkan sistem pelacak lokasi mobile, seperti kemampuan check-in dan geo-tagging, dan menemukan lokasi terdekat keberadaan teman.

Selain Facebook, aplikasi serupa juga dimiliki oleh Google (Latitude) dan Apple (Find My Friend). Meskipun dinilai dapat menggangu privasi seseorang, namun Derick Mains selaku juru bicara Facebook menolak untuk berkomentar mengenai hal ini.

Kabarnya aplikasi ini mulai bisa dinikmati oleh pengguna Facebook pada pertengahan Maret mendatang. (VIN/DEW)

Credit: Dewi Widya Ningrum

Terpopuler