Sukses

Ini Dia Penampakan Bakteri yang Menjijikkan di Ponsel

Seperti apa penampakan bakteri yang melekat pada ponsel? Untuk mengetahuinya, profesor Simon Park dari University of Surrey Inggris melakukan percobaan itu.

Studi yang menyebutkan bahwa telepon seluler adalah tempat bersarangnya banyak bakteri bukanlah hal yang baru. Namun yang menarik, seperti apa penampakan bakteri yang melekat pada ponsel tersebut?

Nah.. Untuk mengetahuinya, profesor Simon Park meminta salah seorang mahasiswanya di kelas Practical and Biomedical Bacteriology di University of Surrey Inggris untuk meletakkan ponselnya di atas wadah petri yang biasanya digunakan untuk meneliti pertumbuhan bakteri.

Percobaan itu juga dilakukan sebagai bagian dari studi transmisi bakteri. Setelah menunggu beberapa hari, tampak ponsel tersebut dipenuhi oleh bakteri yang menjijikkan.

"Tampaknya ponsel tidak hanya dapat mengingat nomor telepon, namun juga menampilkan riwayat kontak fisik penggunanya seperti kontak dengan tanah, dan sebagainya," kata Simon.

Saat di-closeup lebih dekat dengan mikroskop, bakteri yang menyelimuti ponsel itu tampak menyerupai jari seekor Bigfoot.

"Anda dengan jelas dapat melihat bahwa sebagian besar ponsel ini ditutupi oleh pertumbuhan bakteri yang disebut Bacillus mycoides," katanya lagi seperti dimuat Cnet dan dikutip Liputan6.com, Jumat (22/2/2013).

Simon juga menjelaskan bahwa pola pertumbuhan bakteri tersebut sangat unik, dan karena tanah merupakan habitat aslinya, kita bisa mengetahui bahwa ponsel ini atau penggunanya baru-baru ini telah melakukan kontak dengan tanah.

"Setiap ponsel memberikan cerita yang berbeda," ujarnya lagi. (DEW)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.