Sukses

Samsung Galaxy Note 8 Akhirnya Menampakkan Diri

Sesuai dengan rumor yang marak beredar sebelumnya, Samsung akhirnya memamerkan Galaxy Note 8 di ajang pesta ponsel dunia Mobile World Congress (MWC) 2013.

Sesuai dengan rumor yang marak beredar sebelumnya, Samsung akhirnya memamerkan Galaxy Note 8 di ajang pesta ponsel dunia Mobile World Congress (MWC) 2013.

Acara pameran ponsel dunia MWC 2013 digelar mulai hari ini, 25 -28 Februari 2013 di Barcelona, Spanyol. Dikutip dari Cnet, Senin (25/2/2013), tablet Android berukuran 8-inci hadir dengan stylus dengan layar tiga inci lebih besar dari Galaxy Note 2.

Untuk dapur pacunya, Galaxy Note 8 dibekali prosesor quad-core A9 1.6GHz, RAM 2GB dan penyimpanan internal hingga 32GB yang dapat diperbesar dengan kartu microSD hingga 64GB. Sebuah kamera 5 megapiksel (MP) disematkan di bagian belakang, sementara kamera depan berukuran 1,3 megapiksel.

Tablet ini mendukung konektivitas 3G dengan kecepatan hingga 21Mbps, namun sayangnya tidak dilengkapi fitur 4G LTE. Tablet bersistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean ini berjalan di atas user interface TouchWiz ala Samsung.

Dari sisi layar, resolusi layar tablet Galaxy Note 8 sedikit lebih tinggi dari iPad Mini. Galaxy Note 8 memiliki resolusi 1.280x800 piksel, dengan kepadatan piksel 189 piksel per inci (ppi). Sebagai perbandingan, iPad Mini memiliki resolusi 1.024x768 pixel dan kepadatan piksel 163 ppi. Ini berarti Galaxy Note 8 kualitas gambar dan teks tablet Galaxy Note 8 lebih tajam dari iPad Mini.

Galaxy Note 8 akan disematkan baterai 4.600 mAh. Tablet ini juga dilengkapi Wi-Fi, Bluetooth versi 4.0, USB 2.0, dan GPS serta gyroscope, accelerometer, dan kompas digital.

Salah satu keunggulan tablet ini adalah kemampuan multi-tasking, dimana dua aplikasi dapat ditampilkan pada layar pada saat yang bersamaan. Ini berarti pengguna dapat melakukan beberapa aktivitas seperti mencatat menggunakan stylus S Pen, sambil menonton video.

Samsung belum mengumumkan kapan tablet ini secara resmi dijual ke pasaran. Menurut bocoran, kemungkinan tablet ini akan dijual ke pasar mulai kuartal dua 2013 (antara April hingga Juni).

Pesaing iPad Mini

Galaxy Note 8 digadang-gadang akan bersaing dengan tablet iPad Mini 7,9 inci. Dari sisi harga, iPad Mini dijual dengan harga mulai $ 329, harga yang dianggap cukup mahal untuk sebuah tablet berukuran segitu. Meskipun harganya cukup tinggi, namun iPad Mini terbukti laris manis.

Meski Samsung belum mengumumkan harga untuk Galaxy Note 8, harga yang lebih murah mungkin akan membuat tablet ini lebih dicari konsumen jika Samsung ingin sukses menjual produk tersebut.

Namun, mengingat tablet ini memiliki spesifikasi premium, bisa jadi harganya tidak jauh beda dengan iPad Mini. (DEW)






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini