Sukses

Militer AS Kembangkan Robot Anjing Berkemampuan Super

Teknologi robot terus berkembang. Sebuah robot yang bertingkah menyerupai anjing kini mendapat upgrade dari pembuatnya.

Sebuah anjing robot pernah dibuat oleh Boston Dynamics di tahun 2008. Robot yang dinamai BigDog itu memiliki tingkat keseimbangan yang sangat baik.

Robot itu bisa berjalan dengan baik di atas salju, blok batu maupun di tengah salju. Bahkan, robot ini bisa mempertahankan posisinya berdiri dengan seimbang walaupun ditendang.

Dikutip Liputan6.com dari Ubergizmo, Sabtu (2/3/2013), BigDog kemudian mendapat tambahan 'moncong' yang bisa berfungsi seperti lengan. Dalam video yang dilansir oleh Boston Dynamics robot itu memanfaatkan kepala yang berfungsi seperti lengan untuk mengangkat dan menghempaskan sebuah bata.

BigDog didanai oleh Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA). Kemungkinan besar robot ini akan digunakan sebagai bagian dari militer AS.

Robot anjing yang masih dalam pengembangan ini juga mampu membawa beban seberat 340 pon di punggungnya yang bisa diisi perbekalan pasukan. Nantinya, Bigdog mungkin akan mengisi barisan depan dari militer Amerika Serikat bersama pasukan Marinir.

Atau mungkin saja robot ini akan diikutkan dalam misi pengintaian ke markas musuh. Hanya saja, BigDog mengeluarkan suara bising ketika bergerak. Hal itu membuat sedikit sulit bila BigDog 'ditugaskan' untuk menjalankan misi rahasia.

Mau tahu penampakan BigDog? Lihat saja di dua tautan ini. Tautan pertama saat robot itu masih belum punya kepala yang berfungsi seperti lengan. Tautan kedua saat robot itu memiliki kepala yang berfungsi seperti lengan.

(DEN/GAL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini