Sukses

Lumia 920, Ponsel Pintar dengan Kamera PureView Canggih

Lumia 920 adalah salah satu smartphone kelas high-end andalan Nokia. Salah satu keunggulan smartphone ini terletak pada teknologi kameranya,

Nokia sempat terpuruk di pasar ponsel dunia sejak munculnya banyak pesaing baru seperti Samsung, Apple, HTC dan vendor lainnya. Namun kini Nokia mulai bangkit lewat jajaran ponsel seri Lumia-nya.

Lumia 920 adalah salah satu smartphone kelas high-end andalan Nokia. Ponsel pintar ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru Windows Phone 8. Salah satu keunggulan smartphone ini terletak pada teknologi kameranya yang disebut PureView.

Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal kemampuan ponsel berbasis Windows Phone 8 tersebut. Seperti apa fitur-fiturnya? Simak ulasannya berikut ini.

Desain


Desain yang digunakan ponsel pintar ini serupa dengan seri Lumia lain, dengan sudut-sudut yang lancip di keempat sisinya. Hal ini menjadikan Nokia Lumia 920 terasa kurang nyaman saat disimpan di dalam saku celana.

Layar 4,5 inci menjadikan Lumia 920 memiliki bobot yang lebih bongsor dibandingkan generasi sebelumnya, Lumia 900 dan Lumia 800. Layarnya menggunakan IPS LCD dengan teknologi PureMotion HD dan ClearBlack display sehingga menjadikan tampilan gambar yang terlihat pada ponsel terlihat sangat jelas, meskipun Anda berada langsung di bawah paparan sinar matahari.

Penggunaan material polycarbonate glossy pada bagian belakang ponsel menguatkan kesan premium smartphone ini, namun jadi terasa licin saat tangan berkeringat. Namun smartphone ini terlihat menarik karena tersedia dalam pilihan warna-warna yang cerah. Baterai berdaya 2000mAh didesain menyatu dengan body ponsel (unibody) sehingga casingnya tidak bisa dilepas.

Di sisi kanan ponsel ini terdapat tombol volume, power dan shutter kamera. Sedangkan jack audio 3,5mm terletak di sisi atas body ponsel. Ditambah dengan jack micro USB pada bagian bawah.

Performa

Lumia 920 menggunakan user interface berupa susunan tiles, ini adalah ciri khas ponsel berbasis Windows Phone. Bedanya, pada Windows Phone 8 susunan tiles bisa dimodifikasi dalam ukuran kecil, sedang dan besar.

Paduan sistem operasi Windows Phone 8 dengan prosessor dual-core 1.5GHz Qualcomm MSM8960 Snapdragon dan RAM 1GB mampu bekerja dengan cukup baik, termasuk saat digunakan untuk multitasking. Handset ini juga dilengkapi dengan konektivitas 4G, Wi-Fi, Bluetooth, NFC dan built-in GPS receiver, serta teknologi wireless charging.

Nokia menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB tanpa penambahan slot untuk membaca microSD. Namun Anda bisa memaksimalkan penyimpanannya dengan menggunakan layanan penyimpanan awan (cloud) SkyDrive sebesar 7GB secara gratis.

Kamera

Teknologi yang ada di Nokia Lumia 920 memungkinkan Anda mengambil gambar dan video di dalam ruangan, luar ruangan, bahkan saat malam hari dengan hasil yang tampak profesional. Teknologi floating lens di Lumia 920 mampu mengambil gambar 5x lebih terang meski tanpa menggunakan flash.

Nokia sudah membenamkan teknologi PureView dalam perangkat berbasis Windows Phone ini. Sayangnya fitur anti-shacking yang diandalkan justru terasa kurang maksimal, mengingat kualitasnya masih kalah jika dibandingkan HTC Desire VC.

Untuk kualitas foto, kamera utama dan kamera depan memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Dengan membenamkan lensa Carl Zeiss, kamera utama Lumia 920 mampu menghasilkan kualitas gambar yang tetap baik bahkan pada saat kondisi low light sekalipun. Fitur Smart Shoot dalam kamera memungkinkan Anda memilih foto terbaik saat membidik objek.

Hasil Benchmark

Saat kami coba menguji benchmark menggunakan aplikasi WP Bench Free, Lumia 920 memperoleh total nilai 232,46. Dengan rincian CPU sequent: 15.59 L/s, paralel: 31.19L/s, data memori: 41.02MB/s, storage: 48.52MB/s, GPU: 986 frame rata-rata 33 fps.

Killer Feature

- Fitur smart-shoot: fitur ini memudahkan Anda mendapatkan bidikan terbaik saat memotret suatu objek.
- User Interface: tampilan user interface Windows Phone 8 didesain berbeda dengan generasi sebelumnya. Susunan tiles yang bisa dimodifikasi dalam ukuran kecil, sedang dan besar.
- Store: Asyiknya Anda bisa mendapatkan aplikasi koleksi khusus perangkat Nokia di dalam Store khusus milik Windows.

Spesifikasi

Harga : Rp 6.499.000
Dimensi : 130,3 x 70,8 x 10,7 mm
Berat : 185 gram
Layar : 4,5 inci, IPS TFT capacitive touchscreen, 16M warna, 768x1280 piksel
Kamera : 8,7 MP (8 MP effective, 3264 x 2448 pixels), Carl Zeiss optics, optical image stabilization, autofocus, dual-LED flash, video 1080p@30fps, 1.3MP (kamera depan)
Sistem Operasi : Windows Phone 8
Memori : RAM 1GB
Storage : internal 32GB
Prosessor : Qualcomm MSM8960 Snapdragon Krait dual-core 1.5GHz
GPU : Adreno 225
Connectivity : GSM, WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi hotspot, DLNA, Bluetooth v3.1 with A2DP. EDR, NFC, USB on-the-go
Baterai : 2000mAh



Komentar

Pemula yang menggunakan ponsel berbasis Windows Phone tidak akan merasa kikuk dengan tampilan dan aplikasi dalam Lumia 920. Balutan desain premium dengan pilihan warna cerah menjadikannya berbeda dengan smartphone kebanyakan. Kamera 8 megapiksel menjadi andalan dengan dukungan teknologi PureView dan fitur smartshoot. Sayangnya Nokia absen menyertakan slot memori eksternal pada perangkat pintarnya ini.

(vin/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.