Sukses

Indonesia Berpotensi Jadi Pusat Game Edukasi Dunia

Jenis game ini memiliki pasar yang masih terbilang muda di seluruh dunia. Sejak tahun 1950 hingga 2009 terdapat kurang dari 1.000 game serius yang pernah dibuat di Amerika Serikat.

Game memang lazim dikenal sebagai suatu hal yang menyenangkan dan bahkan sering dianggap tak memiliki manfaat. Namun, ternyata game punya fungsi lain selain sebagai pembunuh waktu dengan menikmati permainan.

Di industri game terdapat pula jenis game serius (serious game) yang selama ini dikenal dengan istilah game edukasi. Jenis game ini dibuat untuk membantu proses pendidikan, kesehatan, sosial maupun bidang lainnya dengan tetap membawa sifat menyenangkan yang biasa ada di game.

"Game serius dapat digunakam untuk pengisi materi dalam pelatihan. Sekolah bahkan bisa menggunakan untuk membentuk psikologi anak," kata Eko Nugroho, Founder Kummara di acara Gamechanics yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa, (19/3/2013).

Game serius memiliki pasar yang masih terbilang muda di seluruh dunia. Sejak tahun 1950 hingga 2009 terdapat kurang dari 1.000 game serius yang pernah dibuat di Amerika Serikat.

"Jenis game serius masih memiliki pasar yang bagus untuk digarap. Nilai kebutuhan game serius bisa dibilang tinggi," ucap Eko lagi.

Menurutnya, saat ini kebanyakan game jenis ini banyak dikembangkan oleh perusahaan besar. Padahal, game ini bisa juga dikembangkan oleh perusahaan di level start up.

Industri game di Indonesia memperlihatkan tingkat penetrasi yang tinggi. Eko berharap dari berbagai pengembang yang bermunculan di Tanah Air akan menambah jumlah developer yang membuat serious game.

"Semoga Indonesia nantinya bisa jadi negara pusat serious game dunia," tutur Eko.

(den/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini