Sukses

Persaingan Makin Ketat, Ini Tips Sukses Untuk Startup Pemula

Developer dan startup lokal untuk tetap selektif dalam memilih ide yang akan diwujudkan sebagai produknya.

Liputan6.com, Jakarta - Industri teknologi tumbuh kian subur di Indonesia. Perusahaan teknologi baru yang dikenal sebagai startup pun bermunculan bak jamur di musim hujan.

Persaingan tentu saja menjadi lebih ketat karena semakin banyaknya startup yang lahir. Perusahaan-perusahaan baru itu dipaksa untuk membuat berbagai inovasi dalam tiap produk buatannya.

"Inovasi merupakan poin penting yang harus dimiliki oleh setiap produk baru. Jangan takut untuk mencoba," kata Joddy Hernady, Senior Manager Innovation & Design Center (IDeC) PT Telekomunikasi Indonesia di acara Gamechanics, Selasa (19/3/2013).

Ia juga menyarankan kepada startup lokal untuk lebih berani dalam berinovasi. Kegagalan dalam pembuatan produk baru dianggapnya merupakan suatu hal yang biasa.

"Sekitar 95 persen startup di Silicon Valley mengalami kegagalan. Maka wajar saja jika developer lokal asal Indonesia juga mengalami kegagalan ketika membuat produk," ucap Joddy.

Meskipun ia menganggap gagal suatu hal yang biasa, pria itu tetap meminta para developer dan startup lokal untuk tetap selektif dalam memilih ide yang akan diwujudkan sebagai produknya.

"Idenya ambil yang dekat dengan masyarakat kita saja dulu. Kebutuhan pasar yang tinggi lebih memungkinkan produk kita lebih cepat diterima oleh pasar," katanya lagi.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini