Korea Utara Diduga Mem-Photoshop Foto Armada Militernya

  • Internet
  • 0
  • 28 Mar 2013 10:51

armada-militer-korea-utara-130328b.jpg
Kekuatan modifikasi gambar melalui software Adobe Photoshop ternyata juga dilakukan Korea Utara untuk memamerkan kekuatan armada militernya. Dugaan ini muncul ketika dalam foto latihan perang yang dilakukan, Korea Utara memamerkan kecanggihan hovercraft atau kendaraan amphibi miliknya.

Dilansir dari laman The Guardian, Kamis (28/3/2013), hovercraft milik Angkatan Bersenjata Korea Utara itu terlihat menyemburkan begitu banyak buih yang dihasilkan dari dorongan mesin.

Menariknya, buih yang dihasilkan dua hovercraft di depan itu terlihat berbeda dengan hovercraft yang di belakang. Sebab buih dari hovercraft yang di belakang terlihat jauh lebih sedikit.

Foto itu sendiri menyebar luas dan terpublikasi di sejumlah media internasional. Tentu ini dilakukan agar pasukan Korea Utara terlihat lebih menyeramkan dan dipersenjatai dengan alat dan kendaraan militer canggih.

Menurut majalah Atlantic, foto itu memang sengaja disebarkan oleh Kantor Berita Korea Utara dan terdistribusi berkat jaringan Getty Images. Tampaknya Atlantic pula yang pertama kali menyadari adanya manipulasi foto itu.

Atlantic pun menyebut hasil foto itu gagal menampilkan manipulasi terbaik. "Terlihat jelek dalam menghasilkan gambar yang terlihat hidup dan warna yang dihasilkan pun terlihat aneh," tulis Alan Taylor di rubrik In Focus majalah Atlantic.

Ketegangan yang terjadi di semenanjung Korea memang menyebabkan Korea Utara rajin memamerkan kekuatan militernya. Apalagi, Korea Selatan dan Amerika Serikat juga terkesan memberikan ancaman dengan melakukan latihan militer gabungan di dekat wilayah negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut.

Setidaknya, aksi yang dilakukan Korea Utara ini menarik dicermati. Sebab foto manipulasi hasil garapan Photoshop bisa juga digunakan untuk membangkitkan semangat tentara yang sedang berperang, dan tentu untuk menjatuhkan mental pasukan musuh. Tentu saja selama hasilnya terlihat lebih halus dan terlihat alami. (gal)

Credit: Gal

Terpopuler