Sukses

Microsoft Ungkap Waktu Peluncuran Windows Blue

Microsoft angkat bicara seputar rumor kemunculan sistem operasi Windows Blue. Melalui blog, Microsoft mengungkapkan waktu kapan sistem operasi baru ini akan diperkenalkan.

Microsoft akhirnya angkat bicara seputar rumor kemunculan sistem operasi generasi terbarunya, yang bernama Windows Blue. Melalui postingan blog, Microsoft mengakui keberadaan sistem operasi terbarunya itu.

Dalam postingan tersebut, Head of Corporate Communications Microsoft Frank Shaw menjelaskan bahwa "Blue" merupakan istilah internal Microsoft yang mengacu pada sebuah proyek pengembangan perangkat dan layanan yang sedang dikerjakan Microsoft.

Ia juga mengatakan bahwa belum tentu setiap nama produk yang sudah dikembangkan Microsoft nantinya akan menggunakan kata istilah tersebut (Blue-red). Dengan kata lain, namanya belum tentu "Windows Blue", namun banyak yang menyebutnya dengan Windows Blue.

Melalui blog tersebut, Shaw juga mengungkapkan waktu kapan sistem operasi baru ini akan diperkenalkan. Menurutnya, Windows Blue akan diperkenalkan kepada developer dan penggemar Windows pada akhir bulan Juni, di sebuah konferensi tahunan developer "Build". Acara itu rencananya akan diadakan pada 26-28 Juni di Moscone Center, San Francisco. Demikian dikutip dari Mashable, Kamis (28/3/2013).

Sebelumnya tampilan screenshot Windows Blue sudah beredar di internet, yang merupakan versi Build 9364. Windows Blue masing mengusung konsep gaya kotak-kotak ala Windows 8, hanya saja tampilan depan kotak-kotak (yang biasa disebut Live Tiles) pada Windows Blue dapat diperbesar dan diperkecil sesuai keinginan, sama seperti yang ada pada Windows Phone 8.

Beberapa pembaruan fitur pada Windows Blue antara lain, pengguna dapat mengkustomisasi warna pada susunan Live Tiles. Fitur Snap View juga diperbarui, pengguna kini dapat menjalankan empat aplikasi secara bersamaan dalam satu layar. Ini akan membuat pengguna lebih mudah melakukan pekerja multitasking.

Microsoft juga membuat perubahan pada opsi "Setting" sehingga pengguna tablet tidak perlu masuk ke dalam Control Panel desktop untuk mengubah settingan yang diinginkan.

Microsoft disinyalir berupaya membangun versi Windows Blue yang dapat digunakan pada berbagai perangkat mobile dengan tingkat kinerja yang memuaskan. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.