Sukses

80% Pengguna LINE Indonesia Mengakses dari BlackBerry dan Android

Selain menjalin kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi lokal, Line juga tengah menjajaki kemungkinan kerjasama dengan sejumlah penerbit.

Pertumbuhan tinggi aplikasi social chat Line menjadikannya sebagai salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh lintas generasi. Diferensiasi melalui penggunaan stiker, games, free call dan akun resmi sejumlah musisi menjadi ciri khas tersendiri dibandingkan aplikasi serupa.

Line pun menjalin kerjasama dengan Samsung dan Nokia Asha dengan merilis stiker khusus yang bisa diunduh oleh pengguna handset tersebut. Aplikasi asal Jepang ini juga berencana bekerjasama dengan operator untuk menyiapkan sistem pembayaran potong pulsa saat pembelian stiker.

Selain menjalin kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi lokal, Line juga tengah menjajaki kemungkinan kerjasama dengan sejumlah penerbit. Untuk saat ini dukungan yang diberikan masih sebatas partner untuk acara-acara tertentu.

Sejak didirikan pada Juni 2011, Line mengalami pertumbuhan yang signifikan pada akhir 2012. Sebanyak 80 persen pengguna Line di Indonesia tercatat mengaksesnya dari perangkat berbasis BlackBerry dan Android. Sedangkan 20 persen sisanya mengaksesnya dari perangkat berbasis iOS.

"Tahun ini kami memproyeksikan ada lebih dari 2 juta pengguna smartphone meng-install aplikasi Line," ujar Cho Simeon on selaku General Manager NHN LINE saat diskusi di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Pertumbuhan pengguna Line tidak terlepas dari pertumbuhan smartphone secara global. Karena satu akun Line akan terhubung dengan satu nomor telepon di beragam perangkat.

Naver selaku pengembang aplikasi ini menuturkan jika peningkatan kualitas suara melalui fitur "free call" akan terus diupayakan. Sehingga rencana untuk menambah fitur "free video call" masih dalam tahap dipertimbangkan.

"Melalui kemitraan dengan sejumlah industri dan pengembang game lokal, Naver berupa fokus memberikan pengalaman menggunakan social chat yang berbeda pada pengguna smartphone," tambah Cho. (vin/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini