Robot Capung Ini Bisa Terbang Dikendalikan Smartphone

  • Gadget
  • 0
  • 01 Apr 2013 20:05

Robot selalu jadi menjadi teknologi yang cukup menarik. Robot Capung yang bisa terbang tentu jadi sebuah inovasi di dunia robot.

Capung memang punya kemampuan yang unik. Serangga itu dapat melayang-layang di udara secara alami dan melakukan manuver ke segala arah. Bahkan, capung bisa meluncur tanpa harus mengepakkan sayap.

Dikutip Liputan6.com dari Ubergizmo, Senin (1/4/2013), kemampuan unik capung tersebut membuat Festo, sebuah perusahaan pembuat perangkat elektronik otomatis, tertantang untuk membuat robot capung.

Robot menyerupai serangga yang berhasil dibuat oleh Festo dinamai "BionicOpter". Kemampuan terbang juga disematkan peneliti dari Festo di robot serangga ini.

Untuk menerbangkannya, BionicOpter dibekali dengan empat buah sayap selebar 63 cm. Sayap robot ini dibuat dari serat karbon sebagai kerangkanya dan membran poliester sebagai pelapisnya.

Panjang dari kepala hingga ekor BionicOpter sekitar 44 cm. Meskipun berbadan bongsor robot ini juga dibekali kemampuan bermanuver. Menurut pembuatnya robot capung ini bisa berputar 90 derajat.

Tenaga robot ini didapat dari sepasang LiPo baterai yang dibenamkan di dalamnya. BionicOpter bisa dikendalikan jarak jauh menggunakan smartphone dengan memanfaatkan pemancar spektrum digital atau 2,4 Ghz wireless module.

(den/gal)

(Gal)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler