Sukses

Waspadai SMS & Website Menang Undian Atas Nama Telkomsel

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendapat SMS menang undian program Telkomsel Poin, lalu meminta mengunjungi website tertentu? Berhati-hatilah karena SMS dan website itu adalah palsu.

Sebagian dari Anda mungkin ada yang pernah mendapat SMS yang menyatakan Anda menang undian program Telkomsel Poin, lalu meminta mengunjungi website tertentu? Berhati-hatilah karena SMS dan website tersebut adalah palsu. Modus seperti ini sering digunakan pelaku aksi kejahatan di dunia cyber untuk menjebak korban.

Telkomsel mengimbau seluruh masyarakat agar berhati-hati terhadap modus pemenang undian berhadiah lewat SMS penipuan, yang mengarahkan pelanggan melihat website tertentu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Satu-satunya website korporasi Telkomsel yang memberikan informasi resmi terkait program, layanan produk ataupun promosi berhadiah secara transparan dan jelas kepada pelanggan adalah www.telkomsel.com", kata Head of Corporate Communication Group Telkomsel, Adita Irawati melalui keterangan tertulis.

Mengingat Telkomsel adalah salah satu operator terbesar di Indonesia yang memiliki banyak pelanggan, Telkomsel menghimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing, lebih waspada, serta berhati-hati dan lebih cerdas dalam menyikapi modus penipuan seperti itu.

Adita menambahkan, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi terkait segala informasi dari Telkomsel untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan produk ataupun promosi berhadiah. Pemberitahuan dilakukan diantaranya melalui surat resmi, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta website www.telkomsel.com.

Dalam menyelenggarakan program promosi berhadiah, menurut Adita, Telkomsel akan menanggung 100 persen pajak hadiah pemenang sehingga pelanggan tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membayar pajak hadiah dan sejenisnya. Apabila terdapat informasi atau permintaan yang mengarahkan pelanggan untuk membayar sejumlah biaya dalam nominal tertentu, maka dapat dipastikan hal tersebut bermotif penipuan.

"Telkomsel berupaya secara serius menangani SMS dan website penipuan serta melakukan klarifikasi kepada pelanggan yang mengeluhkan permasalahan ini. Telkomsel juga akan segera menindaklanjutinya ke pihak berwajib berbagai bukti pelanggaran yang dilakukan oleh oknum tertentu terkait SMS dan website penipuan tersebut", ujar Adita.

Bagi pelanggan yang menemukan adanya dugaan penipuan atas nama Telkomsel, Pelanggan diimbau dapat melaporkannya melalui layanan call center 24 jam, dengan menghubungi 133 untuk pelanggan kartuHalo, serta 155 dan 188 untuk pelanggan simPATI dan Kartu As, atau nomor 08071811811.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengirimkan email pertanyaan ke cs@telkomsel.co.id atau melakukan konfirmasi melalui facebook.com/telkomsel dan twitter @telkomsel.

Pelanggan Telkomsel juga dapat mengunjungi GraPARI terdekat untuk berkonsultasi langsung dengan petugas customer service, atau dapat memeriksa sendiri program Telkomsel Poin melalui akses gratis *111# dari kartuHalo serta *116# dari simPATI dan Kartu As. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.