Sukses

Review Desain HTC One: Elegan dalam Balutan Unibody Aluminium

HTC terlihat berusaha meninggalkan bahan polycarbonate yang selama ini digunakan di produk flagship atau andalannya yang baru. Seperti apa penampilan HTC One?

Kejutan dilakukan HTC saat pertama kali memperkenalkan HTC One, dalam sebuah acara peluncuran di New York 19 Februari silam. Saat itu, HTC menunjukkan smartphone dengan bahan aluminium. HTC terlihat berusaha meninggalkan bahan polycarbonate yang selama ini digunakan di produk flagship atau andalannya.

Ini menjadikan HTC One terlihat pantas untuk dikategorikan sebagai smartphone kelas high-end. Tanpa perlu melihat spesifikasi yang dibenamkan, kesan mahal sudah tampak dari desain elegan yang digunakan.

Ada dua warna yang digunakan HTC One, yaitu perak dan hitam. Jika melihat versi perak, maka selintas desain yang digunakan mirip dengan iPhone. Hanya saja HTC One memiliki ukuran layar yang lebih besar, yaitu 4,7 inci. Selain itu, perbedaan mencolok lain terlihat dari dua speaker yang digunakan, dan diletakkan di bagian atas dan bawah.



Menurut Head of Product Marketing HTC Indonesia, Samudro Seto, dua speaker itu memang didesain khusus untuk fitur audio BoomSound. "Selain audio yang bisa dinikmati sendiri, HTC ingin One ini bisa jadi perangkat yang cocok untuk digunakan sharing audio, juga ketika digunakan untuk menonton video," ucap Seto.

Selain dua speaker dan layar 4,7 inci, bagian depan HTC One juga dilengkapi dengan kamera depan dan dua sensor di atas layar. Sedangkan di bawah layar, terdapat dua tombol virtual "back" dan "home". Sayangnya letak dua tombol ini saling berjauhan, sehingga tak nyaman jika digunakan dengan satu tangan.



Di bagian atas, HTC menaruh tombol power dan jack audio 3,5 mm. Adapun di bagian kiri terdapat tombol volume, sedangkan slot untuk microSIM di bagian kanan dan slot micro USB diletakkan di bagian bawah. Di bagian belakang terlihat kamera utama yang terletak begitu sentris dengan didampingi flash. Desain unibody yang digunakan menyebabkan HTC One tanpa sekrup dan baterai menyatu dengan badan.




Desain menarik juga terlihat di layar. Saat dalam keadaan mati, maka layar terlihat menyatu dengan bezel yang mengelilingi di tepiannya, apalagi untuk HTC One versi warna hitam. Baru ketika layar dinyalakan terlihat tepian hitam di bagian kiri dan kanannya.



Jika dibandingkan dengan pesaingnya, maka desain HTC One tak kalah cantik dari iPhone 5. Namun bila disandingkan dengan Galaxy S4, secara desain sebenarnya keduanya sama-sama memiliki desain yang enak dipandang. Namun ponsel berdimensi 137,4 x 68,2 x 9,3 mm dan bobot 143 gram ini lebih unggul dari segi materi aluminium yang digunakan. Sebab, Galaxy S4 memang masih menggunakan bahan polycarbonate. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini