Tunggu Izin Kominfo, Axis Tunda Hadirkan LTE Untuk Publik

  • Telko
  • 0
  • 19 Apr 2013 16:28

Menanggapi banyaknya handset yang bekerja di jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) mengharuskan operator menyiapkan infrastruktur pendukung. Sayangnya hal ini masih terkendala pada regulator yang dinilai belum memberikan lampu hijau untuk implementasi secara komersil.

Salah satu operator telekomunikasi, Axis, mengaku sudah melakukan ujicoba jaringan LTE. Dalam uji coba yang dilakukan secara indoor, hasil uji untuk download diketahui memiliki kecepatan 10.27 Mbps dan upload hingga 6.76Mbps.

"Uji coba teknologi LTE bulan April ini untuk membuktikan efisiensi spektrum dibandingkan teknologi sebelumnya dan melihat kesesuaian dengan ekspektasi," ujar Deden Machdi selaku General Manager Technology Strategy Axis saat diskusi media di Jakarta, Jumat (19/4/2013).

Modernisasi jaringan menggunakan 1800MHz sehingga jaringan GSM dan LTE bisa berdampingan. Modernisasi jaringan dengan 15MB dengan alokasi 5MB untuk jaringan LTE, dan sisanya untuk GSM. Performa penetrasi broadband dan latency menunjukkan hasil yang positif.

Ujicoba lebih untuk studi kelayakan dan dampak interferensi ke operator lain yang bisa dilihat dari spektrum analizer. Sedangkan hingga kini Axis belum mendapat ijin untuk ujicoba outdoor, mengingat belum ada ijin dari pemerinta, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pemerintah menganggap ujicoba jaringan LTE secara outdoor dianggap bisa mengganggu jaringan dua operator lain. Untuk sementara waktu, jaringan LTE sudah bisa dinikmati di kantor Axis di kawasan Mega Kuningan.

"Ketersediaan jaringan LTE untuk publik belum akan terwujud dalam waktu dekat, mengingat masih banyak pertimbangan dan masih menunggu keputusan final dari pemerintah," tambah Deden.

(vin/bay)

(Gal)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler