6 Kamera Mirrorless Terbaik Di Pasaran Saat Ini

  • Gadget
  • 0
  • 21 Apr 2013 10:30

camera-7-130420-logo.jpg
Kamera mirrorless menjadi sebuah terobosan terbaru di dunia fotografi. Jenis kamera ini digadang-gadang memiliki performa luar biasa hebat dibandingkan dengan jenis kamera konvensional lainnya.

Selain performa, di sisi dimensi desain pun generasi produk-produk yang mengusung teknologi terbaru ini sangat inovatif. Ukurunnya kecil dan kompak, mungkin hanya setengah dari ukuran kamera digital generasi sebelumnya.

Apa itu kamera mirrorless?

Terdapat beberapa nama berbeda untuk menyebut jenis kamera mirrorles. Sebut saja Compact System Camera (CSC), Mirrorless System Camera (MSC), Digital Interchangeable-Lens Camera (DILC), dan Electronic Viewfinder Interchangeable-Lens (EVIL).

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa kamera mirrorless adalah jenis kamera tanpa cermin. Atau secara umum, yang membedakan kamera DSLR dengan kamera mirrorless adalah caranya menampilkan gambar di viewfi nder. Untuk memunculkan gambar di viewfi nder, kamera DSLR menggunakan cermin (mirror) yang membutuhkan suatu ruang di dalam kamera sehingga ukuran kamera menjadi besar.

Lain halnya dengan kamera mirrorless. Kamera mirrorless telah meniadakan cermin tersebut sehingga dapat menghemat ukuran dan bobot kamera pun menjadi lebih ringan. Sebagai gantinya, untuk memunculkan gambar di viewfinder, sebagian besar kamera mirrorless mengadopsi sistem viewfinder elektronik, ada juga yang menggunakan teknologi hybrid viewfinder yang bisa berganti dari jendela bidik optik ke jendela bidik elektronik.

Berikut adalah 6 kamera mirroless terbaik yang sudah beredar di pasaran.

1. Canon EOS-M



Canon EOS-M dibekali image sensor APS-C 18 MP dengan rentang ISO hingga 25.600. Selain unggul dalam men-gcapture image, kamera ini sudah mampu merekam konten video Full HD 1080p serta dilengkapi pula dengan layar multi-touchscreen seluas 3 inci dengan resolusi 1,04 juta titik.


2. Olympus OM-D E-M5


Memiliki sensor 16,1MP 901 x 676 pixel dengan kerapatan 375 ppi. Kualitas fotonya di rentang ISO 1600-3200 sangat baik. Olympus juga membekalinya dengan built-in image stabilization 5 aksis.

Kelebihan utamanya adalah di sisi kecepatan auto-focus yang setara dengan kamera DSLR.


3. Nikon 1J1


Kamera beresolusi 10.1MP ini terlahir dari paduan format sensor dan mount lensa Nikon terbaru. Menawarkan kecepatan pengambilan gambar terus menerus hingga 60 fps, dengan perekam Full HD video, fokus otomatis ultracepat, Smart Foto Selector, dan Motion Snapshot Mode.



4. Fujifilm X-Pro 1



Hadir dalam desain retro ditunjang dengan sensor APS-C X-Trans beresolusi 16 MP, 26x optical zoom lens, White Balance, dan fitur-fi tur menarik seperti self timer, photography function, playback function, dan lainnya. Dilengkapi pula LCD monitor seluas 3 inci.


5. Canon Powershot G15



Dibekali layar LCD 3-inci 922.000 titik berteknologi TFT PureColor II G dan sebuah lubang bidik elektronik. Kinerjanya sendiri ditangani oleh sensor CMOS beresolusi 12.1 MP dan prosesor Canon Digic 5 serta ISO hingga 12800.



6. Sony NEX-F3


Kamera beresolusi 16MP Exmor APS HD sensor gambar CMOS. NEX-F3 juga dipersenjatai dengan mekanisme LCD berputar yang memungkinkan melihatnya dari depan kamera, dan menambahkan flash
built-in po-pup.

(dhi/dew)

Credit: Dewi Widya Ningrum

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler