Situs Penukaran Bitcoin Lumpuh Diserang DDoS

  • Internet
  • 0
  • 22 Apr 2013 11:11

diserang-ddos-130422b.jpg

Bursa penukaran mata uang digital terbesar di dunia, Bitcoin, mengalami gangguan selama beberapa waktu. Selama gangguan, situs Mt Gox tersebut hanya menampilkan halaman dengan keterangan kode error 502.

Gangguan yang dialami oleh situs Mt Gox ditengarai karena serangan sistem distributed denial of service atau biasa dikenal sebagai DDoS. Situs itu tiba-tiba drop dan tak bisa diakses.

Layanan bursa penukaran mata uang itu mengkonfirmasi melalui akunnya di Facebook dan Twitter miliknya bahwa situs milknya memang sedang mengalami gangguan. Namun, pada awalnya pihak Mt.Gox belum menyebutkan gangguan itu yang dialaminya disebabkan serangan DDoS.

Dilansir oleh The Next Web yang Liputan6.com kutip, Senin (22/4/2013), Mt Got kembali memanfaatkan akun media sosialnya untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan gangguan kepada penggunanya. Situs tersebut mengaku langsung melakukan perbaikan dan menyelidiki penyebab gangguan tersebut.

Dalam beberapa jam, akhirnya situs tersebut mengaku sedang menjadi korban dari serangan DDoS yang kuat. Saat itu, admin akun media sosial Mt Gox mengaku sedang sedikit kesulitan karena berada di Jepang, yang merupakan basisnya pada waktu 02.00 dini hari.

Serangan yang dilancarkan pada situs Mt.Gox diprediksi merupakan ulah konspirator sebagai salah satu cara agar nilai tukar mata uang digital Bitcoin mengalami penurunan tajam. Perkiraan ini didasarkan pada posisi Mt Gox sebagai tempat penukaran Bitcoin terbesar di dunia yang akan mempengaruhi nilai mata uang digital tersebut.

Pada perdagangan terakhir, nilai tukar Bitcoin di Mt.Gox tercatat sebesar USD 125,03. Penurunan harga yang tajam memang terjadi ketika situs itu kembali normal, nilai tukar Bitcoin hingga menyentuh USD 104,94.

Namun, penurunan yang tajam pada nilai tukar Bitcoin di Mt Gox ternyata tidak memakan waktu lama. Lonjakan harga nilai tukar kembali terjadi tak lama setelah bursa penukaran itu kembali normal dan nilai tukarnya kembali mendekati harga terakhir sebelum gangguan.

Saat ini, situs Mt Gox sudah kembali beroperasi. Harga Bitcoin yang dipajang di situs ini antara lain, harga terakhir USD 122,5, tertinggi USD 129 dan terendah USD 110.

Sayangnya, situs itu masih belum memberikan keterangan siapa pelaku pengiriman serangan DDoS pada layanan miliknya. 

(den/gal)

Credit: Gal

Terpopuler