Sukses

Diunduh 9 Juta Kali, Malware BadNews Ancam Ponsel Android Anda!

Malware ini ditemukan oleh perusahaan keamanan Lookout Mobile Security dan dipublikasi dalam sebuah post di blognya.

Malware baru bernama "BadNews" telah ditemukan dan berpotensi besar mengancam smartphone Android Anda. Tingkat ancaman pun tak main-main, sebab malware BadNews ini ditemukan di setidaknya 32 aplikasi di Android, bahkan telah diunduh lebih dari 9 juta kali.

Dilansir dari laman Techradar, Senin (22/4/2013), malware ini ditemukan oleh perusahaan keamanan Lookout Mobile Security dan dipublikasi dalam sebuah post di blognya. Saat ini sejumlah aplikasi yang telah diinfeksi telah disingkirkan oleh Google dari Play Store, meski begitu tetap ada kemungkinan malware ini akan kembali.

Sebelumnya, aplikasi itu telah disetujui Google untuk berada di Play Store. Malware yang tersamar itu muncul setelah lama berada di Play Store, dan keluar saat pengguna melakukan update.



Aplikasi yang terkandung BadNews telah dilaporkan. Tapi saat dilaporkan, aplikasi itu mengungkap informasi sensitif seperti nomor telepon dan serial number dari handset yang mengunduh aplikasi.

Aplikasi yang terinfeksi itu antara lain game berbahasa Inggris dan Rusia, kamus, wallpaper. Hebatnya, malware mampu melewati software Google Bouncer, sehingga aplikasi dianggap tak berbahaya.

Kepala peneliti di Lookout Marc Rogers mengatakan Google tak bisa disalahkan atas kesalahan ini. "Mereka cukup lihai untuk berdiam di Play Store selama beberapa bulan tak melakukan apa-apa, kemudian mendorong malware keluar," kata Rogers kepada Ars Technica.

Rogers pun menyebut ini sebagai peringatan untuk industri aplikasi. "Para penjahat ini pintar dan bisa melihat celah model keamanan yang ada, dan menemukan kelemahannya. Itu yang telah mereka lakukan," ujarnya. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.