Kejuaraan Tenis Wimbledon Disiarkan dengan Gambar Tajam Ultra HD

  • Gadget
  • 0
  • 26 Apr 2013 12:17
Perusahaan teknologi Jepang Sony dan Stasiun Penyiaran Inggris BBC mengembangkan ujicoba untuk penyiaran teknologi TV 4K alias tampilan Ultra HD. Kejuaraan tenis paling bergengsi Wimbledon pun akan menjadi ajang ujicoba penyiaran 4K.

Dilansir dari laman Techradar, Jumat (26/4/2013), sumber di Spny dan BBC telah mengkonfirmasi bahwa truk dan kamera penyiaran milik Sony sudah dipersiapkan. Bersiaplah, Wimbledon pun akan hadir dalam tampilan super-tajam.

"Ketika Anda melihatnya, Anda juga merasakannya, seperti yang dirasakan saat perpindahan dari SD (standard definition) ke HD (high definition). Sangat luar biasa. Wimbledon akan lebih baik dari sebelumnya," kata sumber Techradar tersebut.

Sony dan BBC sudah melakukan kerjasama sebelumnya, yaitu untuk ujicoba teknologi siaran HD dan 3D. BBC akan melakukan pengambilan gambar, sedangkan Sony akan menyediakan perlengkapan dan ahli teknis.

Teknologi 4K memang diprediksi akan menghadirkan dampak besar dalam penyiaran dan sinema. Saat ini, ratusan film dan acara televisi pun telah dimodifikasi menjadi 4K.

Belum diketahui apa acara olahraga lain segera hadir dalam tampilan Ultra HD. Tentu ini bukan perkara mudah. Sebab jika siaran HD hanya membutuhkan sekitar 12 Mbps, maka Ultra HD membutuhkan 20 Mbps. Tentu masih membutuhkan waktu untuk memperbesar kapasitas bandwidth untuk penyiaran.

Setelah Wimbledon, kita tentu berharap tayangan Ultra HD akan diterapkan di Final Liga Champions Eropa, Final Piala Dunia, Playoff NBA, atau Superbowl. (gal)




Credit: Gal

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler