Prosesor Tercanggih Intel Generasi Ke-4 Akan Dirilis Juni?

on

Beberapa waktu lalu di gelaran Consumer Electric Show (CES) 2013 Intel memamerkan prosesor Intel Core generasi keempat mereka dengan kode nama "Haswell".

Dalam perkenalanannya kala itu, Intel mengatakan bahwa prosesor generasi 4 tersebut lebih irit daya sehingga konsumsi chipset baterai perangkat seperti ultrabook akan lebih hemat.

Chipset
tersebut hanya butuh daya 7 watt, jauh lebih rendah dari prosesor generasi ketiga Ivy Bridge yang memakan daya 17 watt. Setelah berhasil memikat jagat teknologi di kancah CES 2013 kemarin, kini beredar rumor yang mengatakan Haswell akan segera dirilis oleh Intel.

Dilansir laman Techradar, Sabtu (27/04/2013), akun resmi media sosial milik Intel hari ini mem-post hitungan mundur (countdown timer) misterius. Di sana tertera jam yang sedang menghitung mundur dimulai dengan angka 3,337,200,000,000,000 nano detik.

Banyak pihak yang beranggapan ini adalah perhitungan mundur waktu perilisan prosesor Intel Core 4th Generetion atau sudah lebih dikenal dengan sebutan "Haswell".

Hampir seluruh media di Amerika Serikat telah mencoba mengkalkulasikan hasil penghitungan mudur tersebut dan mendapatkan tanggal 3 Juni. Bagusnya, tanggal tersebut hanya berjarak sehari dengan penyelenggaraan acara Computex 2013 yang akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 8 Juni mendatang di Taipei, Taiwan. Hal ini menyebabkan banyak pihak sepakat bahwa Intel memang akan merilis Haswell di ajang Computex 2013.

Sebelumnya, sekilas spesifikasi Haswell sempat beredar di dunia maya. Menurut kabar yang beredar, prosesor Haswell telah menerapkan teknologi iVR (Integrated Voltage Regulator) yang akan mengubah fungsi VRM motherboard lebih ringan sehingga motherboard seri kelas bawah dan menengah juga lebih mudah untuk di-overclock. Selain itu IGP (Integrated Graphic Processor) juga mengalami peningkatan sekitar 50 persen dibanding generasi sebelumnya sehingga lebih menambah nilai jual prosesor Haswell. (dhi/gal)

Credit Gal

Suka artikel ini?
Adhi Maulana
Adhi Maulana

  Full bio »

0 Comments