Sukses

Facebook: Belum Waktunya Instagram Komersial

Sudah sangat banyak brand-brand ternama di dunia yang berminat memasang iklan di Instagram. Namun, Facebook belum berminat mengkomersialkan Instagram.

Kurang lebih setahun sudah Instagram berada di bawah naungan Facebook. Setahun yang lalu perusahaan yang digawangi oleh Mark Zuckerberg ini melakukan manuver bisnis dengan mengakusisi Instagram seharga USD 1 milyar.

Dengan investasi sebesar itu, sudah pasti Facebook memiliki motif ekonomi untuk memanfaatkan aplikasi berbagi foto tersebut untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya. Namun tampaknya Mark Zuckerberg dan kawan-kawan memiliki taktik yang berbeda.

Meski telah menjelma menjadi platform pemasaran yang sangat efektif dengan lebih dari 100 juta pengguna, Instagram hingga saat ini belum juga beralih menjadi aplikasi komersial.

Dilansir laman Techcrunch, Kamis (2/5/2013), CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan sebenarnya sudah sangat banyak brand-brand ternama di dunia yang berminat memasang iklan di Instagram. Namun, Zuckerberg hingga saat ini belum berminat mengkomersialkan Instagram. Menurutnya, Instagram masih harus berkembang dan mencari cara yang tepat untuk dapat menghasilkan keuntungan.

"Instagram benar-benar berhasil dan berkembang dengan sangat pesat. Aplikasi ini memiliki kesempatan besar dalam bisnis. Namun, langkah yang tepat harus dipilih dengan hati-hati," ungkap Zuckerberg.

Zuckerberg pun mengakui, pertumbuhan Instagram jauh lebih cepat dibandingkan dengan Facebook. Akan tetapi, bagaimana cara mengkomersialkan Instagram memang menjadi kekhawatiran Facebook sejak pertama mereka mengakusisi aplikasi itu.

Mungkin Zuckerberg belum terlalu ingin terburu-buru meraup keungtungan dari Instagram. Pasalnya, meski dikabarkan ditinggal banyak pengguna, pada laporan keuangan kuartal pertama tahun 2013 ini Facebook masih mampu mendatangkan laba cukup tinggi. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.