Sukses

HTC One vs Galaxy S4, Siapa Lebih Unggul di Pasar?

HTC One dan Galaxy S4 adalah dua smartphone unggulan yang bersaing ketat di pasar perangkat mobile. Kedua handset itu disambut baik, siapa lebih unggul dalam penjualan?

Samsung berhasil menguasai pasar handset Android pada tahun lalu. Keberhasilan itu diraih Samsung berkat Galaxy S3 yang laris manis di pasaran. Lantas, bagaimana dengan penerusnya?

Awal tahun ini, nyaris setiap vendor Android meluncurkan handset flagship andalan masing-masing. Sony dengan Xperia Z, HTC dengan HTC One, LG dengan Optimus G Dan Samsung dengan Galaxy S4.

Handset besutan vendor Taiwan, HTC One, dan Galaxy S4 buatan vendor Korea Selatan digadang-gadang akan bersaing secara ketat dengan masing-masing kekuatan fitur yang ada di dalamnya.

Kedua handset itu ternyata disambut baik oleh pasar dalam hal penjualan. Menurut survei yang dilakukan di 20 toko Sprint dan AT&T di area Los Angeles, Amerika Serikat, HTC One telah terjual cukup banyak.

Kabar seputar penjualan yang baik itu tentunya merupakan angin segar untuk vendor asal Taiwan tersebut. Akan tetapi, tampaknya pesaing beratnya asal Korea Selatan, Galaxy S4 mampu mencatatkan hasil penjualan yang lebih baik dari ponsel andalan HTC yang dibalut desain premium. Sayangnya tidak disebutkan angka penjualan tersebut.

HTC One sudah mulai tersedia di pasar AS sejak 19 April dan Galaxy S4 baru mulai tersedia di operator lokal setempat pada 27 April. Meskipun dipasarkan sekitar delapan (8) hari lebih dulu, angka penjualan HTC One dengan cepat dapat dilewati oleh Galaxy S4.

Bahkan, seperti dikutip Liputan6.com dari Phone Arena, Senin (6/5/2013), beredar kabar dari sebuah sumber terpercaya di Sprint bahwa ada beberapa perangkat HTC One yang dikembalikan ke toko.

Pengembalian itu dilakukan karena adanya masalah dead pixel pada layar dan suara speaker yang pecah. Namun, sumber tersebut menyebutkan pengembalian HTC One masih dalam jumlah sangat kecil.

Di Indonesia, kedua handset unggulan itu juga sudah diperkenalkan secara resmi. HTC memperkenalkan produknya lebih dulu pada tanggal 26 April yang kemudian menyusul Samsung Galaxy S4 diperkenalkan pada 2 Mei lalu.

Sayangnya, HTC memperkenalkan smartphone flagship-nya itu tanpa menyebut harga jual maupun tanggal ketersediaannya di Tanah Air. Sedangkan Galaxy S4 sudah tersedia secara resmi dengan berbagai penawaran bundling maupun terpisah sejak 4 Mei kemarin dengan harga jual Rp 7,5 juta. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.