by

"Iron Man 3" Jadi Pancingan Pembuat Virus Untuk Menipu Korban

  • Internet
  • 0
  • 06 Mei 2013 14:36
Popularitas film Iron Man 3 tampaknya tak hanya dimanfaatkan jaringan bioskop untuk mengeruk keuntungan. Para pembuat virus pun memanfaatkan popularitas Iron Man 3 untuk mengelabui orang agar tak sengaja mengunduh virus berbahaya.

Dilansir dari laman Livescience, Senin (6/5/2013), blog keamanan TrendLabs melaporkan telah menemukan ratusan situs yang mengklaim memiliki film Iron Man 3 untuk di-streaming atau diunduh (download). Padahal di dalamnya terdapat virus yang mengintai dan membahayakan bagi pengunjung situs, dan tak ada film yang saat ini sedang ramai diputar di bioskop.

Situs itu akan meminta pengunjungnya untuk mengunduh dan menginstal software yang merupakan video player. Dengan cara inilah virus bisa masuk dan diunduh ke jaringan komputer pengunjung situs.

Adapun yang lebih membahayakan, sebagian situs merupakan situs yang sudah dikenal dan terpercaya sebagai penyedia blog. Tentu ini menyebabkan pengguna internet berpikir tak berbahaya untuk mengunduh software di tempat itu.

Tak hanya Iron Man 3, film Star Trek Into Darkness juga menjadi pancingan para pembuat virus untuk menjebak para korbannya. Tak hanya muncul di situs, bahaya itu pun ditawarkan melalui tweet.

Misalnya saja salah satu tweet yang berbunyi: "Alice Eve Seduces Chris Pine in Brand New Star Trek Into Darkness Clip". Tweet itu juga dilengkapi dengan tautan, sehingga pembacanya berpikir akan melihat klip Alice Eve menggoda Chris Pine di film Star Trek terbaru.

Karena itu bagi fans karakter manusia besi besutan Marvel atau para Trekkie yang sangat menggemari Star Trek, waspadalah penipuan para pembuat virus. Para penggemar sejati tentunya tak akan mengunduh secara ilegal, bukan? (gal)

(Gal)
Comments
Sign in to post a comment