Sukses

Kuota Penyimpanan Galaxy S4 Tak Sesuai Iklan, Ini Jawaban Samsung

Samsung mendapat kritikan dari banyak pihak terkait kapasitas penyimpanan Galaxy S4 yang di luar harapan. Kapasitas kosong yang bisa digunakan tidak sesuai janji.

Saat membeli sebuah perangkat mobile baru, kapasitas penyimpanan yang didapat biasanya lebih kecil dari yang diiklankan. Ini karena sebagian dari kapasitas penyimpanannya sudah diisi duluan dengan aplikasi (pre-install) sebelum dipasarkan.

Namun tak semua konsumen mengetahuinya. Atau meskipun tahu, jika perbedaannya hingga setengah dari kapasitas yang diiklankan tentu saja banyak diprotes. Hal ini juga dialami Samsung dengan smartphone Galaxy S4-nya.

Samsung mendapat kritikan dari banyak pihak terkait kapasitas penyimpanan Galaxy S4 yang di luar harapan. Galaxy S4 versi 16GB menuai kritik karena ternyata kapasitas kosong yang bisa digunakan hanya sebesar 8,49GB.

Terkait masalah itu, Samsung akhirnya buka suara untuk menjelaskan masalah penyimpanan terbatas pada Galaxy S4. Perwakilan Samsung membeberkan alasannya kepada media teknologi CNET yang Liputan6.com kutip, Selasa (7/6/2013).

Samsung mengakui kapasitas penyimpanan sebesar 6,85GB sudah terpakai duluan untuk memberikan resolusi layar yang lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy S3. Sedangkan sisa kapasitas penyimpanan yang terpakai sebagian lagi digunakan untuk memfungsikan fitur-fitur baru Galaxy S4 seperti Smart Scroll maupun Smart Pause.

Untungnya Samsung tidak membuat Galaxy S4 seperti LG Nexus 4 ataupun HTC One yang tak dilengkapi dengan slot MicroSD. Galaxy S4 dibuat dengan fitur slot MicroSD yang memungkinkan penggunanya menambahkan kapasitas penyimpanan eksternal hingga kapasitas 64GB.

Kasus serupa juga pernah terjadi pada Microsoft sewaktu perusahaan pembuat software itu merilis tablet Surface RT versi 32GB. Tetapi, kapasitas penyimpanan yang bisa diisi oleh penggunanya hanya sebesar 16GB saja. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.