Sukses

Apple Siap-siap Gugat Samsung Galaxy S4

Apple berencana menggugat smartphone terbaru andalan Samsung, Galaxy S4. Apple telah menganalisis S4 dan menyimpulkan bahwa perangkat itu melanggar paten.

Perseteruan Apple dan Samsung semakin meruncing. Meski hakim federal di California telah meminta keduanya berdamai dan membatasi jumlah gugatan produk yang dianggap melanggar, hal itu tidak menyurutkan niat Apple untuk melayangkan gugatan baru.

Menurut informasi dari Florian Mueller, penulis di blog FOSS Patents, Apple berencana menggugat smartphone terbaru andalan Samsung - Galaxy S4. Apple telah meminta Hakim Pengadilan Distrik AS Lucy Koh untuk memasukkan Galaxy S4 ke dalam daftar produk yang melanggar paten Apple.

"Apple telah menganalisis S4 dan menyimpulkan bahwa perangkat itu melanggar paten. Apple berencana menambahkan Galaxy S4 sebagai sebuah produk yang melanggar," tulis Mueller yang dikutip dari Cnet, Rabu (15/5/2013).

Baik Apple maupun Samsung kini tidak diperbolehkan lagi menambah daftar gugatan produk. Karena itu, Apple akan menghapus salah satu perangkat dalam daftar gugatan paten itu dan menggantinya dengan Galaxy S4 agar jumlahnya tetap 22.

Apple saat ini mengantongi 22 daftar produk Samsung yang diklaim melanggar paten Apple. Rivalnya Samsung juga telah membawa 22 perangkat Apple yang melanggar paten ke pengadilan.

Adapun daftar produk Samsung yang digugat Apple adalah: Samsung Admire, Samsung Captivate Glide, Samsung Conquer 4G, Samsung Dart, Samsung Exhibit II 4G, Samsung Galaxy Nexus, Samsung Galaxy Note, Samsung Galaxy Note 10.1, Samsung Galaxy Note II, Samsung Galaxy Player 4.0, Samsung Galaxy Player 5.0, Samsung Galaxy Rugby Pro, Samsung Galaxy S II, Samsung Galaxy S II Epic 4G Touch, Samsung Galaxy S II Skyrocket, Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus, Samsung Galaxy Tab 8.9, Samsung Galaxy Tab 2 10.1, Samsung Illusion, Samsung Stratosphere dan Samsung Transform Ultra.

Sedangkan daftar produk Apple yang digugat Samsung termasuk Apple iPhone 3G, Apple iPhone 3GS, Apple iPhone 4, Apple iPhone 4S, Apple iPhone 5, Apple iPad, Apple iPad 2, Apple iPad 3, Apple iPad 4, Apple iPad mini, Apple iPod Touch (5th generation), Apple iPod Touch (4th generation), Apple iPod Touch (3rd generation), Apple MacBook Pro, Apple iMac, Apple Mac mini, Apple Mac Pro, Apple iTunes (termasuk iTunes Match), Apple iCloud, Apple TV (3rd generation) dan Apple TV (1st generation).

Samsung Galaxy S4 sendiri baru diluncurkan pada 14 Maret 2013 lalu. Smartphone berlayar HD 5 inci ini dianggap sebagai salah satu pesaing iPhone dan kemungkinan bakal menjadi ancaman terbesar smartphone Apple berikutnya.

Sayangnya tidak dijelaskan pelanggaran apa yang dilakukan Galaxy S4. Dilansir Sammobile, proses pengadilan kasus terbaru ini rencananya akan digelar tahun depan. Apple dan Samsung mulai berseteru sejak April 2011. (dew/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini