Sukses

300.000 Server Siap Dukung Xbox Live Baru Di Xbox One

Xbox One dipastikan akan memiliki layanan Xbox Live yang lebih kuat dan akan menggunakan lebih banyak server dibandingkan yang diterapkan pada saudara tuanya, Xbox 360.

Bukan Fusion, Infinity, Xbox 720, Xbox 8 atau Loop, yang diperkenalkan sebagai nama konsol game Xbox generasi terbaru. Microsoft akhirnya resmi mengumumkan konsol game mereka dengan nama Xbox One kemarin (21/5/2013) di Redmond, Washington.

Di sektor dapur pacu, konsol game generasi penerus dari Xbox 360 itu dijejali dengan spesifikasi teknis yang diklaim lebih mumpuni dibanding pendahulunya. Di dalamnya ditanamkan RAM 8GB, CPU 8-Core, hard drive 500GB, drive Blu-ray, HDMI in and out port, USB 3.0, WiFi 802.11n, dan masih banyak lagi.

Namun keunggulan Xbox One tidak sekadar di sisi dapur pacu, sejumlah fitur fungsional pun tak ketinggalan disematkan. Salah satu yang menjadi sorotan adalah fitur layanan bermain game online multiplayer Xbox Live versi terbaru. 

Dilansir laman Cnet, Rabu (22/5/2013), Xbox One dipastikan akan memiliki layanan Xbox Live yang lebih kuat dan akan menggunakan lebih banyak server dibandingkan yang diterapkan pada saudara tuanya, Xbox 360. 

Microsoft dikabarkan telah menyiapkan 300.000 dedicated server--layanan hosting--untuk konsol game andalan teranyarnya itu. Jumlah ini sangat besar bila dibandingkan dengan jumlah server yang tersedia untuk Xbox 360 yang hanya 15.000 unit saja. Sehingga kini, jumlah multiplayer yang bisa didukung dalam satu permainan pun telah ditingkatkan hingga 128 pemain.

Layanan yang dapat menghubungkan seluruh gamer dari segala penjuru dunia ini juga telah ditenagai dengan teknologi cloud computing. Pengguna kini bisa menyimpan data game, film, dan lainnya di media penyimpanan cloud yang akan memudahkan pengguna untuk mengakses data dimana dan kapan saja. Selain itu, dilengkapi pula dengan DVR untuk merekam permainan. 

Untuk saat ini, Microsoft menghadirkan Xbox Live dalam bentuk langganan gratis dan langganan berbayar. Namun belum diungkapkan berapa harga yang dipasang Microsoft untuk berlangganan Xbox Live baru ini per bulannya.

(dhi/gal/*)
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini