Sukses

Sejumlah Kelemahan Konsol Game Xbox One

Sejumlah fitur baru menjadi unggulan Xbox One. Tapi tentu saja Xbox One bukan tanpa kekurangan. Apa saja?

Microsoft telah memperkenalkan Xbox One sebagai konsol game generasi terbarunya, dalam acara peluncuran yang dilakukan di Washington, Amerika Serikat, hari ini, Rabu (22/5/2013). Sejumlah fitur baru menjadi unggulan Xbox One.

Fitur baru itu antara lain integrasi dengan layanan televisi, sensor Kinect yang ultra-sensitif, juga dukungan ratusan ribu server untuk memperluas permainan multi-player. Tapi tentu saja Xbox One tak luput dari sejumlah kekurangan. Berikut di antaranya:

Amerika-sentris

Microsoft mengumumkan kalau Xbox One akan memiliki integrasi yang lebih dalam dengan televisi. Kerjasama dengan National Football League pun menghadirkan beragam pertandingan. Malahan siaran ini akan terintegrasi dengan aplikasi seperti Fantasy Football, yang memungkinkan gamer mengatur tim sendiri sambil menikmati aksi nyata.

Selain itu ada juga serial TV berdasarkan game Halo. Serial TV ini digarap oleh sutradara terkenal Steven Spielberg dan hadir secara eksklusif di Xbox One.

Tapi Kotaku menyebut fitur integrasi TV ini akan bisa dinikmati secara optimal di Amerika. Kawasan lain disebut tidak akan bisa menikmati fitur ini, karena itu Microsoft pun dianggap Amerika-sentris.

Tak Berfungsi Tanpa Kinect

Microsoft menghadirkan Kinect di konsol barunya dengan kemampuan yang lebih baik. Sensor gerak di Kinect ini lebih tajam, sehingga gamer bisa menikmati sejumlah permainan gerak sekaligus berolahraga dengan konsol ini. Kinect yang disematkan di Xbox One ini mampu melacak gerak bahkan hingga enam orang, termasuk di kegelapan.

Sayangnya, dilansir dari IGN, Kinect harus selalu terhubung ke Xbox One. Dengan demikian konsol baru Microsoft itu tak bisa dimainkan jika Kinect dilepas.

Tak Kompatibel dengan Xbox 360

Menurut Vice President Xbox Live, Marc Whitten, sistem yang digunakan di Xbox One memiliki arsitektur core yang berbeda dengan konsol Xbox 360. Karena itu game di Xbox 360 tak bisa dimainkan di Xbox One.

Mengutip IGN, situasi ini sama seperti game PlayStation 3 yang tak bisa dimainkan di PlayStation 4. Sebab, PS 3 masih menggunakan arsitektur CPU x86, beda dengan arsitektur PowerPC di PS4.

Meski begitu, Sony masih mengembangkan teknologi cloud Gankai untuk mengatasi masalah itu. Dengan Gankai, game PS3 sedang dikembangkan untuk bisa dimainkan di PS4, meskipun tidak melalui disc tapi via cloud. Bahkan Gankai juga memungkinkan game PS2 dan PS3 dimainkan melalui PS Vita.

Tentu jika game Xbox 360 tidak bisa dimainkan di Xbox One akan mengecewakan para gamer penikmat game di Xbox 360.

(gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.