Sukses

Samsung Kuasai Pasar Smartphone China, Apple Dipecundangi Coolpad

Samsung memimpin dengan angka 18,8 persen pangsa pasar ponsel pintar di negeri tirai bambu selama bulan April kemarin. Vendor dari Negeri Ginseng tersebut meninggalkan Coolpad di posisi kedua dengan 11,5 persen.

Menggenjot produksi ponsel secara besar-besaran yang dilakukan Samsung mulai membuahkan hasil. Hasilnya, vendor elektronik itu telah makin kuat di pasar ponsel global maupun regional.

Berdasarkan berita yang dilansir media Hongkong, Ming Pao Daily, Samsung disebutkan memiliki pangsa pasar smartphone terbesar di Cina selama bulan April  2013. Data itu merupakan riset yang dimiliki oleh Sino Market Research.

Menurut data yang dimiliki lembaga analisa itu, yang dilansir Phone Arena dan Liputan6.com kutip Selasa (28/5/2013), Samsung memimpin dengan angka 18,8 persen pangsa pasar ponsel pintar di negeri tirai bambu selama bulan April kemarin. Vendor dari Negeri Ginseng tersebut meninggalkan Coolpad di posisi kedua dengan 11,5 persen.

Merek Coolpad memang tidak terlalu dikenal di negara lain. Namun di China, Coolpad sukses menjadi vendor smartphone lokal yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat. Penjualan Coolpad mengalahkan raksasa asal China lainnya, bahkan sukses mempecundangi nama besar seperti Apple.

Vendor lain asal China, Lenovo, juga baru-baru ini menyatakan keinginannya untuk terjun di pasar smartphone Amerika mulai tahun depan. Lenovo mau tak mau mengakui keunggulan Cooldpad di negerinya, dan harus rela menduduki posisi ketiga dengan angka 11,2 persen.

Huawei dan ZTE yang sudah lebih populer di pasar smartphone Eropa ternyata juga masuk di jajaran 5 besar vendor smartphone di China. Huawei menguasai 10,1 persen sedangkan ZTE menguasai 6,4 persen pangsa pasar smartphone China.

Secara umum vendor lokal China masih mendominasi dengan menguasai 71 persen pangsa pasar smartphone yang beredar di negara tersebut sepanjang April lalu. Vendor internasional seperti Samsung, Apple, HTC dan lainnya hanya bisa menguasai sekitar 29 persen pangsa pasar ponsel pintar di Negeri China.

(den/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini