Sukses

Q4 2013, Intel Akan Luncurkan Prosesor Intel Atom Silvermont

Chip ini diklaim oleh Intel memiliki performa tiga kali lebih cepat dan lima kali lebih hemat dibanding chip untuk perangkat mobile yang saat ini beredar di pasaran.

Guna mengejar ketertinggalannya di lini bisnis prosesor perangkat mobile, Intel secara resmi memperkenalkan chip dengan mikroarsitektur terbaru dengan nama kode 'Silvermont'.

Chip ini diklaim oleh Intel memiliki performa tiga kali lebih cepat dan lima kali lebih hemat dibanding chip untuk perangkat mobile yang saat ini beredar di pasaran. Silvermont ini pada dasarnya adalah versi upgrade dari prosesor mobile milik Intel Atom yang saat ini beredar dengan mikroarsitektur Saltwell.

Chip yang menurut rencana akan resmi dirilis pada kuartal keempat tahun 2013 ini diproyeksikan untuk menandingi prosesor Snapdragon dari Qualcomm yang mendominasi segmen perangkat mobile. Chip ini nantinya akan dihadirkan dengan nama 'Intel Atom Merrifield' untuk smartphone dan 'Intel Atom Bay Trail' untuk tablet.

"Nextgen dari mikroarsitektur varian Intel Atom akan kami pasarkan dengan nama kode Silvermonth. Mikroarsitektur ini memiliki performa tiga kali lebih cepat dan lima kali lebih hemat dibandingkan berbagai chip prosesor yang ada di pasaran saat ini," kata Harry K. Nugraha, Strategic Business Development Intel Indonesia usai acara Intel Atom Mobility Tour di The Cook Shop Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Sayangnya Intel belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai chip ini, seperti kecepatan maksimal dan berapa core yang ditawarkan. Dalam sebuah hasil tes yang dilakukan Intel, sebuah prosesor dual-core dengan mikroarsitektur Silvermont bisa dengan mudah mengalahkan prosesor lain yang mempunyai quad-core. Hasilnya pun cukup terpaut cukup jauh, performa lebih tinggi 1,6 kali, dengan konsumsi daya yang 2,4 kali lebih kecil.

"Secara teknis sebenarnya jumlah core bukanlah faktor utama penunjang kinerja prosesor. Untuk itu pada Silvermont kami mengusung konsep 'optimal power and performance with fewer cores'. Dengan kata lain, sedikit sumber daya dapat kami optimalkan untuk menghasilkan kinerja memuaskan," imbuh Harry lagi.

(dhi/dew/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.