Sukses

Sony Incar Dua Mantan Petinggi Apple

Sony mengincar dua mantan petinggi Apple untuk bergabung ke dewan direksinya. Strategi ini dilakukan untuk mendongkrak lini bisnis elektronik Sony.

Sony mengincar dua mantan petinggi Apple untuk bergabung ke dewan direksinya. Chief Executive Officer Sony, Kazuo Hirai berencana merekomendasikan kedua alumni Apple itu ke rapat pemegang saham tahunan Sony pada 20 Juni mendatang.

Strategi ini dilakukan untuk mendongkrak lini bisnis elektronik Sony. Seperti diketahui bisnis smartphone saat ini dikuasai oleh produk Apple dan Samsung. Sony mencoba membangkitkan bisnis elektroniknya dengan mengandalkan smartphone Xperia.

Kedua alumni Apple yang direkomendasikan adalah Eikoh Harada -- saat ini menjabat sebagai Presiden McDonalds Holdings Jepang, dan Tim Schaaff -- mantan Head of Sony Network Entertainment. Sejarah Harada dan Schaaff membuat nominasi ini menjadi menarik.

Seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (1/6/2013), Harada menghabiskan waktu 14 tahun di Apple, lalu keluar pada tahun 2004 setelah sebelumnya 7 tahun berkiprah sebagai Head of Apple di Jepang.

Setelah meninggalkan Apple, Harada bergabung dengan McDonald Holdings Co. Jepang sebagai CEO. Dia menutup sekitar 600 restoran yang tidak menguntungkan atau kecil, meng-upgrade menu dan memikat pelanggan melalui kemitraan dengan NTT DoCoMo dan Nintendo dengan menyediakan layanan online di outlet-outlet.

Schaaff juga menghabiskan 14 tahun waktunya di Apple. Pengalaman Schaaff di Apple dipercaya dapat membantu Sony untuk fokus pada perluasan jaringan bisnis. Setelah keluar dari Apple sebagai Vice President of Interactive Media, ia bergabung dengan Sony pada tahun 2005, lalu mengundurkan diri dari Head of Sony Network Entertainment tahun lalu.

Analis SMBC Nikko Securities Inc., Koki Shiraishi menilai strategi ini dapat membantu Sony untuk memperkiat bisnis Sony dengan memanfaatkan keahlian bisnis yang mereka miliki.

"Wajar bagi perusahaan jika mendekati orang-orang berpengalaman untuk pertumbuhan perusahaan," tutur Shiraishi.

Sony rencananya akan menominasikan tiga direksi untuk duduk di dewan direksi Sony, menyusul mundurnya empat dewan termasuk Board Chairman dan mantan CEO Howard Stringer.

Selain kedua alumni Apple itu, calon ketiga yang direkomendasikan adalah Joichi Ito -- direktur Media Lab di Massachusetts Institute of Technology dan juga New York Times Co. (dew/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini