Sukses

Berapa Tarif Tweet Berbayar Artis Untuk Sekali Nge-tweet?

Yang menarik, bayaran tweet ternyata bukan berarti harus sebanding dengan jumlah follower mereka. Jadi, berapa kira-kira tarif tweet berbayar para artis?

Di  Twitter tak jarang dijumpai tweet-tweet berbayar yang diposting oleh artis ataupun orang yang dikenal publik. Alasannya tak lain karena tweet yang mereka posting bisa jadi pusat perhatian, apalagi jumlah follower mereka sangat banyak.

Jadi jangan heran jika ada selebritis yang dibayar perusahaan untuk mempromosikan produk tertentu lewat Twitter. Mekanisme kerjasama seperti ini sah-sah saja dan saling menguntungkan. Sponsor akan mendapatkan jutaan eksposur dari para follower dan sang artis mendapat bayaran besar. Seperti itulah kesepakatan tweet berbayar.

Pertanyaannya: berapa kira-kira tarif tweet berbayar para artis? Perusahaan social media sponsorship yang biasa menghubungkan para pengiklan dengan selebritis, IZEA, merilis tarif tweet beberapa artis.

Yang menarik, bayaran tweet ternyata bukan berarti harus sebanding dengan jumlah follower mereka. Tengok saja Jared Leto (@JaredLeto), penyanyi yang juga aktor film Hollywood ini punya follower jauh lebih sedikit daripada Khloe Kardashian (@KhloeKardashian), namun jumlah bayaran yang ia dapat sama dengan Khloe untuk setiap tweet yang disponsori.

Tampaknya, selebriti yang mendapat bayaran paling besar adalah jika mereka dianggap dapat diandalkan dan dipercaya. Melissa Joan Hart misalnya, follower aktris dan produser televisi ini terbilang tak sebanyak Mike Tyson, namun ia sepertinya dipandang sebagai sumber yang dapat diandalkan para pengikut setianya untuk saran sebuah merek.

Menurut data yang dirilis Huffingtonpost dan dikutip Liputan6.com Selasa (4/6/2013), tweet Frankie Muniz paling murah. Produser sekaligus aktor asal Amerika hanya dihargai $ 252 per tweet. Yang paling mahal adalah Khloe Kardashian, ia dihargai $ 13.000 untuk sekali nge-tweet.

Belum bisa dipastikan apakah angka honor tersebut merupakan data sebenarnya. IZEA menghubungkan para pengiklan dengan selebriti berdasarkan konten, audiens yang diinginkan, dan jumlah pengikut yang dimiliki. Berikut daftar tarif para artis tersebut per tweet. (dew/*)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini