Sukses

Intel Resmi Rilis Haswell, Chip Pendukung Perangkat 2 in 1

Haswell memiliki performa yang lebih baik hingga 15 persen dibanding Ivy Bridge, dan daya tahan baterai 50 persen lebih baik ketimbang Ivy Bridge.

Intel akhirnya merilis prosesor Haswell secara resmi, meskipun sejumlah vendor sudah mengumumkan ketersediaan produk dengan berbasis chip tersebut. Chip generasi keempat Intel ini menawarkan kemampuan dan performa yang lebih baik dari Ivy Bridge yang merupakan generasi ketiga Intel.

Dilansir dari laman The Next Web, Selasa (4/6/2013), Haswell memiliki performa yang lebih baik hingga 15 persen dibanding Ivy Bridge, dan daya tahan baterai 50 persen lebih baik ketimbang Ivy Bridge. Dengan Haswell, maka perangkat bisa bertahan hingga 9 jam pemakaian. adapun untuk mode standby bisa bertahan antara 10 hingga 13 hari.

Di situs resminya, Intel juga mengatakan Haswell didesain untuk fokus mendukung "perangkat 2 in 1". Ini berarti Haswell bisa menjadi pemicu kehadiran perangkat hybrid yang memadukan kemampuan komputasi penuh ala notebook dengan mobilitas tablet dalam satu unit perangkat.

"Pengumuman hari ini akan mengakselerasi kategori baru dalam perangkat komputasi 2 in 1 yang mengantarkan hal terbaik di notebook dan tablet dalam bentuk baru yang menakjubkan. Tahun ini merupakan saat yang tepat bagi konsumen untuk memperbarui tablet atau PC terbaru mereka dengan perangkat 2 in 1," kata Kirk Skaugen, Senior Vice President Intel dan General Manager di PC Client Group.

Sistem berbasis Haswell sudah tersedia untuk segera dipasarkan. Adapun produk yang akan menggunakan Haswell antara lain Ultrabook 2 in 1, Laptop, Desktop PC, juga All in One PC portabel. Sedangkan prosesor untuk perangkat mobile akan segera dihadirkan dalam beberapa waktu mendatang di tahun ini.

Sejumlah vendor sudah menghadirkan produk baru dengan chip Haswell di dalamnya. Gelaran Computex 2013 di Taipei, Taiwan pun menjadi ajang perkenalan beragam produk baru berbasis Haswell, yang antara lain dirilis Acer dan Asus. Selain itu, Apple juga sudah mengungkap niatnya untuk merilis MacBook baru berbasis Haswell.

Teknologi Haswell tak hanya membuat desain perangkat hadir lebih tipis. Haswell juga memungkinkan perangkat berjalan secara senyap, karena perangkat tak lagi membutuhkan kipas pendingin. (gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini