Sukses

AMD Siapkan Prosesor Baru Untuk Desktop Gaming

Demi membuat ketiga prosesor ini AMD menggabungkan arsitektur dari AMD Radeon Piledriver CPU dengan AMD Radeon HD 8000.

Produsen prosesor saingan Intel, AMD meluncurkan produk barunya di ajang Computex 2013. Prosesor yang disemati kode nama Richland merupakan anggota keluarga Elite A-series.

A-series ditambahkan tiga anggota baru, yakni A6, A8 dan A10. Demi membuat ketiga prosesor ini AMD menggabungkan arsitektur dari AMD Radeon Piledriver CPU dengan AMD Radeon HD 8000 di papan motherboard FM2.

Hasil perkawinan itu, seperti dikutip Liputan6.com dari Engadget, Kamis (6/6/2013), disebutkan AMD berhasil meningkatkan kinerjanya sekitar 21 persen dari APU pendahulunya, Trinity.

Chip APU anyar ini bertenaga 3.5 Ghz sampai 4.1 Ghz. Namun, bila penggunanya menggunakan Turbo Boost chip ini bisa mencapai clock maksimalnya dari 4.1 Ghz hingga 4.4 Ghz dengan dukungan DDR3 yang sesuai.

Prosesor baru AMD ini menggunakan teknologi accelerated processor unit (APU) sebagai generasi baru di ranah prosesor. Chipset APU diklaim bisa bekerja lebih cepat dan bertenaga karena telah menggabungkan CPU dan kartu grafis sekaligus.

Sejak APU diperkenalkan pada tahun 2011 silam, AMD menjadi vendor yang memfokuskan diri pada teknologi chip terbaru tersebut. Chip APU telah digunakan oleh berbagai jenis perangkat seperti konsol game Xbox dan PlayStation terbaru, notebook desktop dan tablet.

Prosesor baru ini diklaim akan menargetkan penggila game yang untuk digunakan di desktop mereka. AMD akan mulai meluncurkan produk barunya dalam beberapa bulan mendatang dengan dengan harga mulai dari USD 69 hingga USD 142. (den/gal/*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.