Sukses

Hasil Uji, Galaxy S4 Terungkap Pakai Snapdragon 800

Handset ini juga dibekali teknologi untuk mendukung koneksi LTE Advanced.

Smartphone unggulan atau flagship buatan Samsung, Galaxy S4, kembali mendapat varian baru. Smartphone baru yang mendapat pembaruan di bagian prosesor itu itu diketahui dari aplikasi AnTuTu Benchmark.

Prosesor yang digunakan pada handset ini tak seperti yang dipakai pada model pendahulunya yang memakai Snapdragon 600. Model yang terlihat memakai nama seri SHV-E300S tersebut memakai prosesor Snapdragon 800.

Dikutip Liputan6.com dari Android Authority, Senin (10/6/2013), selain dibenami prosesor yang berbeda, handset ini juga dibekali teknologi untuk mendukung koneksi LTE Advanced yang merupakan versi terbaru dari teknologi jaringan 4G.

Gambar yang muncul pun menunjukkan bahwa perangkat ini berjalan di atas sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Namun, hasil poin yang yang dicetak model baru dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 800-24.179 yang bocor ini hanya 24179.

Jumlah capaian itu lebih rendah dari model sebelumnya, baik yang memakai chip Qualcomm Snapdragon 600 maupun yang dibenami Exynos 5 octa-core yang mencapai poin lebih dari 25 ribu.

Bahkan, sebuah tampilan hasil uji perangkat memakai aplikasi yang sama pada perangkat buatan Pantech, IM-A880 menunjukkan skor yang lebih baik. Padahal, handset buatan rekan senegara Samsung yang asal Korea Selatan itu juga menggunakan prosesor Snapdragon 800.

Bila bocoran ini memang benar maka Samsung Galaxy S4 tersebut akan turut meramaikan pasar perangkat dengan Snapdragon 800 di akhir tahun ini. Sementara yang diketahui akan memakai chip serupa antara lain HTC One Max, Sony Xperia ZU atau Togari, Galaxy Note 3 dan LG Optimus G2.

Handset Galaxy S4 yang dilengkapi dengan dukungan jaringan LTE-Advance ini diprediksi akan meluncur pada bulan September mendatang. Negara yang akan kebagian jatah pertama kali mencicipinya tak lain adalah kampung halamannya, Korea Selatan.

Samsung belum memberikan kabar seputar bocoran perangkat barunya itu. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu juga masih belum mau mengungkap peluncuran handset lainnya yang akan memakai prosesor Snapdragon 800 dari Qualcomm. (den/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.