Sukses

Ikuti Twitter, Facebook Hadirkan Fitur Hashtag (#)

Fitur ini memang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pencarian topik, dengan menambahkan tanda "#".

Jejaring sosial Facebook terus memperkaya fitur yang dimiliki. Kali ini perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut menghadirkan fungsi tagar atau yang lebih dikenal dengan nama hashtag.

Hashtag merupakan fitur yang diperkenalkan oleh jejaring sosial yang juga pesaing Facebook, Twitter. Fitur ini memang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pencarian topik, dengan menambahkan tanda "#".

"Hashtag merupakan langkah awal dalam membantu pengguna untuk menemukan apa yang ingin mereka cari dengan mudah, mengenai topik spesifik dan partisipasi di perbincangan publik," demikian pernyataan Facebook, dilansir dari laman BBC, Kamis (13/6/2013),

Facebook juga berjanji akan menghadirkan beragam fitur lain dalam beberapa pekan dan bulan ke depan. "Termasuk trending hashtag dan deeper insight untuk membantu pengguna menemukan apa yang sedang dibicarakan dunia," tulis Facebook.

Modifikasi tentu saja dilakukan Facebook. Salah satunya, pengguna masih bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat post yang diberi tanda hashtag.

Facebook mengatakan hashtag dibuat untuk "memperluas pandangan akan apa yang sedang terjadi". Sedangkan analis menilai langkah yang dilakukan Facebook sebagai cara untuk meningkatkan penjualan iklan.

"Hashtag juga populer dengan para pengiklan. Ini adalah cara untuk meningkatkan nilai dan menggapai para pengiklan," kata analis media sosial dari Gartner, Andrew Frank.

Karena itu Facebook disebut tak keberatan jika dianggap meniru Twitter. "Saya pikir mereka melihat kesuksesan yang didapat Twitter dengan konsep tersebut. Sehingga mereka melihat tak ada alasan untuk tak melakukan hal yang sama," ujar Frank. (gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini