Sukses

Indosat Pakai Robot Jadi Sales Promotion Person di ICS 2013

Tetrix memiliki desain yang cukup sederhana dengan model menyerupai tank.

Inovasi teknologi dibuat untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pengembangan inovasi di dunia robotik juga jadi salah satu hasil teknologi yang bertujuan untuk membantu manusia.

Di pameran Indonesian Cellular Show (ICS) 2013, sebuah robot juga dipasang operator telekomunikasi Indosat di booth miliknya. Tapi robot ini bukan untuk sekedar pajangan melainkan memiliki tugas membagikan brosur layaknya sales promotion person.

Robot yang ditugaskan membagikan brosur itu merupakan buatan Mikrobot, sebuah distributor Lego untuk perangkat pendidikan. Robot yang sementara bekerja sebagai 'sales promotion' bersama sales promotion girl (SPG) Indosat itu bernama Tetrix.

"Nantinya mungkin bisa gak pakai orang lagi. Cukup robot aja yang bagikan brosur," ungkap Arni, Trainer dari Mikrobot yang ditemui Liputan6.com di arena ICS, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Tetrix memiliki desain yang cukup sederhana dengan model menyerupai tank. Roda karet menjadi kaki robot ini untuk berjalan dan bergerak. Sebuah dudukan terpasang di bagian atas robot ini yang diisi oleh brosur promosi Indosat yang bisa naik turun dengan bantuan batangan hidrolik berukuran kecil.

Selain Tetrix, Mikrobot sendiri memiliki aneka produk robot lainnya yang dibanderol dengan harga Rp 4,8 juta hingga Rp 7 jutaan. 

Robot yang dipasarkan Mikrobot bertujuan untuk kegiatan yang berkenaan dengan pendidikan seperti e-learning dan training lainnya. Robot buatan Mikrobot bisa juga dikendalikan dengan memanfaatkan aplikasi NXT Robot yang  tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Ajang ICS yang digelar bersamaan dengan Festival Komputer Indonesia (FKI) 2013 masih akan berlangsung hingga tanggal 16 Juni nanti. Berbagai promosi dan pameran produk yang digelar oleh berbagai vendor komputer dan selular bisa dimanfaatkan peminat teknologi di Jakarta. (den/gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini