Sukses

Samsung Rilis Laptop Hybrid dengan Perpaduan Android dan Windows

Perangkat hybrid ini punya dua sistem operasi, didesain dengan layar yang bisa diputar untuk difungsikan sebagai laptop atau tablet.

Samsung menggelar sebuah acara khusus di London untuk merilis sejumlah produk terbaru yang jadi unggulan. Salah satunya adalah perangkat hybrid atau convertible PC bernama Ativ Q. Tapi ini bukan sekedar perangkat perpaduan laptop dengan tablet, sebab Samsung juga menghadirkan sistem operasi Windows 8 dan Android 4.2.2 Jelly Bean di satu perangkat.

Dilansir dari laman Techradar, Jumat (21/6/2013), perangkat hybrid ini didesain dengan layar yang bisa diputar layaknya Dell XPS 12 atau Lenovo IdeaPad Yoga. Jadi layar bisa diputar untuk memfungsikan Ativ Q sebagai laptop atau tablet.

Di layar sentuh 13,3 inci ini, Samsung menghadirkan gambar berkualitas tajam, dengan resolusi 3200 x 1800 piksel. Desainnya cukup tipis, dengan ketebalan sekitar 13,9 milimeter. Dengan bobot 1290 gram, perangkat hybrid ini pun cukup nyaman untuk ditenteng.

Dapur pacu Ativ Q akan melaju cepat dengan prosesor generasi keempat Intel yang baru dirilis, Haswell. Chip Haswell itu akan hadir dalam bentuk prosesor Core i5 dan didukung dengan RAM 4 GB. Ini tentu akan memudahkan peralihan Windows 8 dan Jelly Bean yang hanya tinggal sekali sentuh.

Samsung juga menyematkan media penyimpanan 128 GB berupa memori Solid Stade Drive. Ada juga kamera yang bisa mengambil video beresolusi 720 piksel. Untuk konektivitas, Samsung melengkapinya dengan USB 3.0, USB 2.0, microSD, dan port HDMI.

Belum diketahui kapan Ativ Q akan mulai dipasarkan, juga harga yang akan dibanderol. Tapi perusahaan asal Korea Selatan itu menyebut Ativ Q akan segera hadir, dengan awal ketersediaan di Inggris Raya mulai tahun ini. (gal/*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.