10 Alasan Nokia Jadul 3310 Masih Lebih Unggul

  • Gadget
  • 0
  • 26 Jun 2013 06:36

nokia-s4-130625c.jpg
Galaxy S4 adalah salah satu smartphone flagship yang cukup laris di pasaran saat ini. Sejak dipasarkan pada 27 April 2013, handset andalan Samsung itu telah terjual 10 juta unit hanya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Dengan semua fitur canggih yang ditawarkan, wajar jika Galaxy S4 dicap jauh lebih baik daripada Nokia 3310 yang pernah menjadi ponsel legendaris di kalangan pengguna perangkat mobile. Kala itu, ponsel ini menjadi ponsel favorit anak muda.

Namun dalam beberapa hal Nokia 3310 masih bisa lebih unggul daripada Galaxy S4 dan smartphone premium lainnya. Nokia 3310 lebih 'bandel', baterainya bisa bertahan selama berhari-hari. Sedangkan Galaxy S4 harus diisi ulang hampir setiap hari. Situs Phone Arena memuat 10 alasan mengapa Nokia 3310 masih bisa diandalkan dalam hal-hal tertentu.

1. Casing Mudah Diganti
Ponsel Nokia 3310 sangat sederhana, dengan panel plastik yang bisa diganti-ganti dengan mudah jika retak atau rusak. Itulah salah satu alasan ponsel ini disenangi karena perbaikannya tak ribet. Kalau Samsung Galaxy S4 rusak? Selain memperbaikinya lebih lama dan butuh keterampilan khusus, biaya perbaikannya juga lebih mahal.

2. Daya Tahan
Nokia 3310 dirancang agar durable (tangguh), sehingga saat dijatuhkan dari ketinggian tertentu ponsel ini masih aman-aman saja. Berbeda dengan Samsung Galaxy S4, kemungkinan akan mengalami beberapa kerusakan serius setelah beberapa kali dijatuhkan. Dan yang terburuk, layar 5 incinya tergores atau retak.

3. Baterai Awet
Galaxy S4 memang menawarkan banyak fitur menarik dan tingkat ketajaman layar yang lebih baik dibanding feature phone. Namun dari sisi baterai, Galaxy S4 kalah saing dengan Nokia 3310. Anda setidaknya harus mengisi ulang baterainya setiap hari, tergantung seberapa sering ponsel ini digunakan. Namun Nokia 3310 bisa bertahan beberapa hari, jadi jika Anda mendadak harus menelepon, Nokia 3310 selalu siap diandalkan.

4. Harga murah
Dari sisi harga, Galaxy S4 jauh lebih mahal ketimbang Nokia 3310. Galaxy S4 dipasarkan dengan harga US$ 630 tanpa kontrak dengan operator. Nah, walaupun Nokia 3310 sudah tidak diproduksi lagi, Anda mungkin masih bisa membeli barang second-nya di eBay sekitar $20 saja.

5. Penampakan Layar di Luar Ruangan
Galaxy S4 memang menggunakan layar Super AMOLED yang menakjubkan, namun saat terkena sinar matahari, konten yang ada di layar smartphone S4 menjadi sulit terlihat. Berbeda dengan Nokia 3310, layar LCD monokrom yang digunakan handset ini masih bisa terlihat saat berada di bawah sinar terik matahari.

6. Kenyaringan Ringtone
Loudspeaker yang disematkan pada Galaxy S4 diakui cukup keras sehingga Anda dapat dengan mudah mendengarnya saat ponsel ini berdering. Namun, nada dering monophonic pada Nokia 3310 yang terdiri dari gelombang suara square sederhana, justru membuat ponsel ini bisa didengar dari jarak jauh.

7. Komposer Ringtone
Salah satu fitur menarik yang disukai dari Nokia 3310 adalah kustomisasi ringtone. Bagi yang pernah menggunakan Nokia 3310 pasti sudah tahu dengan fitur ini. Nokia 3310 memiliki alat secara built-in yang memungkinkan seseorang mengubah-ubah ringtone mereka. Anda bisa menyimpan hingga lima ringtone ke dalam perangkat. Nah, Samsung Galaxy S4 tidak mempunyai itu. Anda hanya bisa mengatur lagu yang ada di perangkat sebagai nada dering saja.

8. Game Bawaan
Nokia 3310 dijual dengan empat game secara pre-install di dalamnya, yaitu Pairs II, Space Impact, Bantumi, dan yang sangat populer adalah Snake II. Samsung Galaxy S4 memang punya ribuan game Android yang mengagumkan, namun tidak satu pun disediakan secara pre-load.

9. Praktis Saat Panggilan Darurat
Untuk menghubungi 911, 112, atau nomor-nomor darurat lokal, Anda bisa melakukannya hanya dengan mengetikkan langsung nomornya meskipun layar ponsel Nokia 3310 terkunci. Dengan kata lain, Anda hanya butuh memencet empat tombol untuk melakukan telepon darurat. Sedangkan di Galaxy S4, Anda harus membuka kunci layarnya dulu, lalu membuka aplikasi telepon, membuka tombol layar, kemudian mengetikkan nomor darurat tersebut. Setidaknya butuh waktu 10 detik atau lebih.

10. Tidak Menarik Minat Pencuri
Dari perspektif pencurian, Samsung Galaxy S4 tentu jadi barang incaran pencuri karena harganya jauh lebih mahal. Jika Galaxy S4 Anda dicuri, bisa jadi Anda akan stres karena merasa kehilangan banyak uang. Kalau Nokia 3310 dicuri, Anda relatif lebih ikhlas karena ponsel ini murah.

(dew/*)

Credit: Dewi Widya Ningrum

Like this article?

0 likes & 0 dislikes



Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler