Sukses

Pria Ini Nekat Implan Headphone di Telinganya

Pria ini menanamkan magnet kecil yang berfungsi seperti earbud pada telinganya, implan yang ia tanam dapat bergetar dan menghasilkan suara.

Headphone atau earphone adalah perangkat yang sering dibawa-bawa para penggemar musik untuk menemani aktivitas mereka sehari-hari. Namun terkadang kita sering lupa meletakkannya, atau lupa membawanya saat pergi.

Rich Lee mungkin orang pertama yang pernah menanamkan earbud di telinganya. Ia menanamkan magnet kecil yang berfungsi seperti earbud pada tragus, bagian tulang rawan yang menonjol dari telinga bagian depan yang dekat dengan pipi. Entah apa alasan Lee menanamkan alat itu pada telinganya, mungkin agar ia tak repot membawa-bawa earphone.

Lee kemudian membangun sebuah perangkat yang menyerupai kalung chunky, dimana kalung tersebut dapat menciptakan medan magnet sehingga implan yang ia tanam dapat bergetar dan menghasilkan suara.

Sekarang Lee dapat mendengarkan musik kapanpun dan dimanapun dia berada. Ke depannya, ia berencana menghubungkan earbud ke sebuah alat 'pengintai ultrasonik' agar ia dapat mendengar suara berdasarkan perkiraan jarak sebuah benda layaknya kelelawar.

Lee juga berencana menghubungkan earbud ke semacam 'mic directional' agar ia dapat mendengarkan percakapan yang terjadi di seluruh ruangan, dan termometer agar ia dapat mengetahui panas tanpa menyentuhnya. Demikian dikutip dari Gizmodo, Jumat (28/6/2013).

Orang-orang seperti Lee biasanya dipanggil 'biohacker', sebutan untuk orang-orang yang suka memodifikasi tubuh mereka dengan hal-hal seperti magnet dan chip identifikasi frekuensi radio untuk mendapatkan indera tambahan. (dew/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini