Sukses

Prosesor Intel Haswell Resmi Masuk Indonesia

Prosesor ini telah dioptimalkan untuk penggunaan perangkat 2 in 1 (hybrid), dengan konsep menggabungkan keunggulan tablet dan laptop.

Intel resmi memperkenalkan generasi terbaru prosesor Intel Core 4th Generation di Indonesia. Prosesor Intel Core generasi keempat yang populer dengan nama sandi Haswell ini akan menggantikan prosesor Intel generasi ketiga, Ivy Bridge.

Beberapa perbaikan telah dilakukan oleh Intel untuk prosesor Haswell, dapat dikatakan ini adalah versi penyempurnaan dari prosesor Ivy Bridge. Melalui Haswell, Intel mencoba mengimbangi perkembangan kebutuhan pengguna modern yang mengedepankan mobilitas dan portabilitas.

Prosesor ini telah dioptimalkan untuk penggunaan kategori perangkat 2-in-1 (hybrid), dengan konsep menggabungkan segala keunggulan yang ada pada tablet dan laptop.

"Standar pengguna selalu meningkat, desktop PC dan laptop sudah mulai ditinggalkan. Saat ini pengguna membutuhkan perangkat yang mendukung mobilitas. Atas dasar itulah kami menciptakan prosesor Intel generasi keempat yang telah dioptimalkan bagi kebutuhan perangkat Hybird," ungkap Uday Marty, Managing Director Intel wilayah Asia Tenggara di acara peluncuran Intel Core 4th Generation, Selasa (2/7/2013) di Senayan City Jakarta.

Intel Haswell masih menggunakan chipset berukuran 22 nm, sama seperti yang digunakan prosesor Intel dengan inti Ivy Bridge. Namun, Intel menjanjikan peningkatan performa sekitar 20 persen dibandingkan prosesor generasi sebelumnya. Selain itu, Intel mengklaim Haswell dapat menghemat daya baterai perangkat hingga 50 persen, dan hanya memerlukan asupan daya sebesar 6 Watt.

Marty menjelaskan, "Haswell adalah prosesor penghemat daya terbaik di dunia untuk saat ini. Perangkat Anda dapat bertahan hingga 7 hari dalam keadaan standby power. Bila Anda bermain game atau memutar video dalam kualitas HD, prosesor ini mampu membuat perangkat bertahan hingga 9 jam penggunaan. Jauh di atas rata-rata perangkat yang umumnya hanya sanggup bertahan 3-5 jam."

Belum selesai sampai di situ, untuk pertama kalinya Intel merilis prosesor dengan konsep single chip platform, di mana CPU (Computer Processor Unit) dan GPU (Graphics Processor Unit) ditempatkan dalam satu platform. Ini akan menguntungkan para produsen device rekanan Intel. Sebab dengan konsep single chip platform, vendor dapat menciptakan perangkat dengan desain modern berdimensi tipis dan ringan.

Beberapa fitur menarik pun telah disematkan oleh Intel, dua di antaranya adalah fitur keamanan berbasis face recognition dan fitur asisten pribadi berbasis suara bernama Dragon. Aplikasi Dragon ini sendiri sangat identik dengan fitur Siri yang diusung perangkat Apple.

Saat ini Intel telah bekerja sama dengan sejumlah produsen perangkat ternama dan akan segera merilis sejumlah perangkat di kategori laptop hybrid dan all-in one PC di Indonesia pada bulan ini juga. 

Sebelumnya prosesor Haswell dikabarkan telah diadopsi oleh sejumlah perangkat seperti laptop MacBook Air generasi terbaru dan jajaran seri Asus Vivobook yang pertama kali muncul di ajang Computex 2013 pada bulan Juni. (dhi/dew/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini