Sukses

Google Berencana Bangun Kantor Baru Ramah Lingkungan di London

Meskipun kental dengan cita rasa tradisional, Google mengaku tetap bakalan membangun kantornya itu dengan standar tertinggi.

Ekspansi Google akan semakin luas di Inggris. Hal ini terlihat dari kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Google akan mendirikan sebuah kantor pusat untuk kegiatan operasionalnya di London.

Kantor pusat di Negeri Ratu Elizabeth ini rencananya akan dibangun di area King's Cross. Lokasi tersebut dipilih agar bisa menyatukan kantor-kantor Google yang saat ini tersebar di kota Holborn dan Victoria.

Hal menarik dari kantor baru perusahaan situs pencarian itu adalah rancangan desainnya yang memadukan warisan budaya pekerja di wilayah yang dulu dikenal sebagai pusat transportasi London. Meskipun kental dengan cita rasa tradisional, Google mengaku tetap bakalan membangun kantornya itu dengan standar tertinggi.

Dikutip Liputan6.com dari Phone Arena, Selasa (3/7/2013), bangunan baru Google itu pun dirancang agar memenuhi syarat kelestarian lingkungan, hemat energi, dan memakai material terbaru. Rangka bangunannya menggunakan baja yang kokoh dan dilapisi dengan panel kayu.

Kantor pusat Google di London itu memiliki luas keseluruhan 1 juta kaki persegi. Area seluas 725 ribu kaki persegi di antaranya berupa ruang kantor dan 50.000 kaki persegi diperuntukkan untuk tempat ritel yang berada di lantai dasar. Tinggi gedungnya akan bervariasi antara 7 hingga 11 lantai.

Bangunan kantor anyar Google tersebut ditargetkan mampu meraih peringkat yang baik dari lembaga standarisasi bangunan, BREEAM Outstanding dan LEED Platinum. Desain rancangan kantor baru ini diharapkan mampu menghemat emisi karbon sekitar 40 persen.

Bangunan eksternalnya akan senada dengan tema lingkungan sekitarnya, termasuk rangkaian logam dan kaca khas wilayah industri. Kantor di Kings's Cross itu diperkirakan menghabiskan dana sekitar 650 juta poundsterling atau sekitar US$ 987 juta yang setara dengan Rp 9,87 triliun rupiah.

Gedung tersebut sedang diajukan rencana pembangunannya ke dewan kota Camden. Bila izinnya disetujui, kantor baru Google itu akan mulai dibangun awal tahun depan dan ditargetkan selesai tahun 2016. (den/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini