Sukses

MediaTek Akan Buat Chip 8-Core yang Lebih Baik Dari Samsung

Teknologi 8 core milik Mediatek diklaim bekerja secara bersamaan sehingga berbeda dari teknologi 8 core yang ada di Samsung Exynos Octa.

MediaTek dikenal sebagai pembuat chip yang dibenamkan di perangkat-perangkat dengan harga miring. Akan tetapi sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa perusahaan asal Taiwan itu telah memamerkan sebuah chip delapan core.

Dilansir Phone Arena yang Liputan6.com kutip, Kamis (4/7/2013), chip anyar besutan MediaTek yang memiliki prosesor delapan inti di dalamnya itu akan mengusung nama MT6592.

Pan Jiutang, seorang analis HQ Research memperlihatkan foto bocoran roadmap Mediatek. Ia menunjukkan prosesor 8 core MT6592 yang terlihat kuat dengan kecepatan clock mencapai 1,7GHz hingga 2GHz, serta decoding video 1080 piksel 30fps.

Hasil benchmark dari aplikasi AnTuTu Benchmark, prosesor ini poinnya nyaris mencapai angka 30.000. Poin itu terbilang sangat tinggi meskipun masih kalah dibandingkan raihan dari Qualcomm Snapdragon 800 yang mencapai angka 33.000. Namun, demikian kalangan analis memprediksi harga perangkat yang didalamnya terdapat prosesor octacore Mediatek akan lebih terjangkau daripada perangkat berotak Snapdragon 800.

Teknologi 8 core dari Mediatek ini disebutkan bekerja secara bersamaan yang membuatnya berbeda dari teknologi 8 core yang terdapat di Samsung Exynos Octa (big.LITTLE). Exynos Octa 5 memakai dua buah prosesor quadcore, dan hanya sebuah prosesor quadcore yang bekerja dalam satu waktu. Kedua prosesor itu bekerja bergantian tergantung berat atau ringan tugas yang dilakukan samrtphone tersebut.

MT6592 dijadwalkan bakalan masuk tahap produksi massal pada bulan November mendatang. Proses produksinya akan menggunakan pemrosesan 28nm dari TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacture Company). Perangkat pertama yang menggunakan prosesor delapan otak ini akan mulai dilepas ke pasaran mulai awal tahun 2014. (den/dew/*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.