Sukses

New York Jadi Kota Pertama Yang Miliki Domain Khusus

New York menjadi kota pertama di Amerika Serikat dan dunia yang memiliki alamat URL tersendiri yaitu .NYC dan bukan .com atau yang lain.

Di tahun 2012 kemarin, ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) merilis regulasi yang memungkinkan suatu komunitas, instansi, atau pun korporasi khusus untuk membeli TLD (top level domain) yang unik.

Dengan demikian domain itu bisa berbeda dari domain pada umumnya seperti .com, .net, atau lainnya. Kesempatan ini ternyata tak disia-siakan oleh salah satu kota terbesar dan termodern di dunia, New York.

Dilansir laman The Verge, Jumat (5/7/2013), atas persetujuan walikota Michael Bloomberg, dinas pemerintahan kota New York mengumumkan bahwa kota New York pada akhir tahun 2013 mendatang akan memiliki domain tersendiri, yaitu .NYC dan bukan .com atau yang lain.

Dengan demikian, New York menjadi kota pertama di Amerika Serikat dan dunia yang memiliki alamat URL tersendiri. Pendaftaran TLD New York disebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan popularitas nama kota New York untuk kebutuhan website bisnis, organisasi, maupun personal yang beroperasi di wilyah New York.

Menurut situs resmi kota New York, ada beberapa pihak yang berhak untuk mendaftarkan domain di bawah domain .NYC. Mereka adalah pebisnis dan organisasi yang memiliki alamat di New York, atau pribadi yang memiliki alamat utama di NYC. 

Untuk menghindari membludaknya pendaftar domain ini, pihak pemerintah kota New York akan memproses permintaan pendaftaran domain tersebut secara hati-hati dengan memberi prioritas kepada usaha bisnis yang tumbuh di New York.

Pendaftaran domain .NYC tetap akan menggunakan cara registrasi yang serupa dengan domain lain. Sedangkan untuk masalah biaya, belum diungkapkan secara eksplisit, namun pihak pemerintah kota New York menyebutkan harganya haya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pendaftaran pada TLD lain. (dhi/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini