Sukses

Broadcast Hoax Ganti DP Berseliweran di BlackBerry Messenger

Pantauan tim Liputan6.com, hari ini, Minggu (7/7/2013) banyak beredar pesan broadcast ganti DP ke para pengguna BlackBerry Messenger.

Pasca pulihnya layanan BlackBerry Messenger setelah mengalami gangguan pada hari Rabu (3/7/2013) yang lalu, pesan broadcast hoax tak henti-hentinya disebar oleh pihak tak bertanggung jawab.

Jika beberapa hari lalu pesan hoax yang disebar terkait dengan daftar kontak BlackBerry Messenger (BBM), kali ini pesan yang di-broadcast tentang Display Picture (DP). Pantauan tim Liputan6.com, hari ini, Minggu (7/7/2013) banyak beredar pesan broadcast ganti DP ke para pengguna BlackBerry.

Beberapa pengguna BlackBerry memang mengeluh DP-nya tidak berhasil diganti. Keluhan itu pun dimanfaatkan pihak yang iseng untuk menyebarkan pesan hoax ke banyak pengguna.

"Yang blom bisa keganti DPnya kirim BC ini ke semua kontak dalam 5 menit DP anda akan langsung berubah. Dibawah sudah diisi kode pusat 032412985647852133468", demikian bunyi pesan broadcast yang menyebar di BlackBerry.

Tidak semua pengguna BlackBerry mempercayainya. Namun tak sedikit yang percaya dan kemudian mem-broadcast pesan itu ke pengguna lain. Dan tentu saja, DP mereka tidak akan berubah secara otomatis setelah menyebarkan pesan itu. Pesan broadcast itu juga dikeluhkan karena dianggap mengganggu.

"Pakai BB yang smart sedikitlah, jangan gampang kirim broadcast message yang gak penting," ujar Putra, salah satu pengguna BB menanggapi pesan tersebut.

Pengguna BB yang lain berkomentar sama. "Secara logika, mana mungkin DP bisa berganti dengan sendirinya hanya dengan kirim pesan broadcast," ucap Irda yang menyayangkan mengapa masih banyak pengguna BB yang ikut mem-broadcast pesan seperti itu.

Pihak BlackBerry sendiri punya kebijakan dan tidak diizinkan untuk mem-broadcast pesan ke seluruh pengguna BlackBerry. Terkait gangguan layanan yang terjadi beberapa hari lalu, BlackBerry belum memberikan informasi mengenai penyebab gangguannya karena masih dilakukan investigasi.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.