Sukses

Gaet Alfamart, Indosat Kembangkan Layanan Transaksi via Ponsel

Kerja sama dengan Alfamart ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan layanan Dompetku yang sudah berjalan sejak tahun 2008.

Penetrasi pertumbuhan ekosistem perangkat mobile, khususnya smartphone di Indonesia yang sangat pesat menuntut pelaku industri telekomunikasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Atas dasar inilah Indosat menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan waralaba swalayan Alfamart dalam mengembangkan program tansaksi keuangan online 'Dompetku'.

Menurut President Director dan CEO Indosat Alex Rusli, kerja sama dengan Alfamart ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan layanan Dompetku yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Selain itu, program ini juga akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, dan tentunya memberikan pengalaman baru bagi pelanggan Indosat dalam melakukan transaksi keuangan di Alfamart.

"Kerja sama ini akan sangat menguntungkan baik pihak kami (Indosat), Alfamart dan tentu saja pelanggan," kata Alex Rusli di acara peresmian kerja sama layanan Dompetku Indosat dan Alfamart yang berlangsung di Central Park Mall, Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, "tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki akun bank, khususnya masyarakat di kota-kota kecil dan pedesaan. Jangkauan bank untuk saat ini masih belum  merata, masih terkonsentrasi di daerah pusat. Di sini Indosat dan Alfamart memiliki keunggulan, jangkauan kami lebih luas dibandingkan bank."

Apa yang diutarakan Alex Rusli memang cukup relevan dengan kondisi masyarakat saat ini. Menurut data yang diungkapkan Indosat, saat ini tercatat hanya sekitar kurang lebih 40 juta orang di Indonesia yang memiliki akun bank. Sedangkan pelanggan aktif Indosat sendiri mencapai lebih dari 60 juta pelanggan. Layanan ini dianggap akan semakin fungsional setelah didukung oleh Alfamart yang memiliki 7.500 outlet di berbagai penjuru Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Frans Prawira selaku Managing Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, mengatakan dengan adanya kerja sama layanan Dompetku ini para pengguna Indosat tidak hanya bisa menikmati belanja di Alfmart, tapi juga dapat melakukan dasar-dasar transaksi perbankan. 

"Selain dapat membelanjakan uangnya di Dompetku, pelanggan Indosat juga bisa mengisi saldo dan mencairkan uang dari akun Dompetku di Alfamart. Nomor ponsel akan berfungsi layaknya nomor rekening," jelas Frans.

Untuk memanfaatkan program kerja sama Indosat dan Alfamart ini, pelanggan harus sudah terdaftar di layanan Dompetku dengan cara mendaftarkan diri via SMS ke 789 atau ketik *789#, atau datang ke Galeri Indosat. Pendaftaran juga dapat melalui outlet Alfamart bertanda khusus Dompetku.

Operator pertama yang direstui BI menjalankan program UPLK

Selain mengumumkan kerja samanya dengan Alfamart, di hari yang sama Indosat juga merilis layanan UPLK (Unit Perantara Layanan Keuangan) melalui layanan Dompetku serentak di Purwokerto, Solo, Bogor dan Bekasi.

Indosat sendiri dengan ini menjadi operator telekomunikasi pertama yang dipercaya Bank Indonesia (BI) untuk menjalankan masa uji coba layanan UPLK.

Melalui program UPLK ini, pelanggan Indosat dimungkinkan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti pembelian di merchant, pembayaran tagihan telepon, internet, tv kabel, asuransi, cicilan (kredit), kartu kredit, pembelian di Alfamart, pengisian pulsa juga pengiriman uang melalui ponsel dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan. (dhi/dew)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.