Sukses

Pasar Desktop Melempem, Dell Genjot Penjualan Storage

Menurunnya penjualan perangkat komputer desktop diperkirakan akan mendongkrak tren penyimpanan komputasi berbasis awan (cloud).

Penjualan komputer desktop yang semakin lesu ternyata tak membuat Dell terlalu khawatir. Sebab menurunnya penjualan perangkat komputer desktop diperkirakan akan mendongkrak tren penyimpanan komputasi berbasis awan (cloud).

"Kalau untuk perusahaan besar, kemungkinan kurangnya komputer desktop merupakan transisi ke komputasi awan," jelas Frannata Suryanto, Enterprise Solution Director Dell Indonesia yang ditemui Liputan6.com di acara buka bersama Dell di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat kemarin.

Menurut Frans, ketika perusahaan beralih ke komputasi awan pasti akan memerlukan ruang penyimpanan dengan skala besar. Terlebih sekarang ini rata-rata file memiliki ukuran yang cukup besar, bila setiap karyawan perusahaannya ikut menyimpan data di ruang penyimpanan perusahaan maka akan membuatnya memiliki ruang penyimpanan yang juga besar.

"Kalau perusahaan pasti datanya berukuran besar. Tren big data yang berkembang menjadikan bisnis storage kami punya peluang, perusahaan kan bakalan perlu data center untuk penyimpanannya dan Dell punya produknya," ungkap Frans optimis.

Dell memang menyasar pasar enterprise maupun consumer. Perusahaan yang didirikan Michael Dell itu menyediakan jajaran notebook dan tablet untuk pasar consumer. Di lini enterprise dan SMB Dell mengaku menyediakan solusi komputer yang cukup lengkap.

"Kami punya hardware seperti server, desktop, network, dan storage. Selain itu, kami juga punya software yang bisa menangani berbagais kebutuhan perusahaan dari skala kecil hingga besar," tambah Frans. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini