Sukses

Netflix `Berjaya` di Emmy Awards, Awal Kebangkitan Streaming?

Melihat nominasi yang didapat House of Cards, kritikus TV Eric Deggans pun melihat layanan streaming akan memiliki potensi yang lebih besar.

Sebagai sebuah penyedia layanan media streaming, Netflix memang sukses menjadi sebuah fenomena. Dengan menghadirkan film serial pilihan, Netflix diprediksi akan menciptakan tren yang membuat penonton mulai beralih ke internet dan meninggalkan televisi. Ajang Emmy Awards tahun ini tampaknya akan membuktikan prediksi tersebut.

Dilansir dari laman Engadget, Sabtu (20/7/2013), sejumlah serial di Netflix memperlihatkan keunggulannya di Emmy Awards, yang merupakan ajang bergengsi di industri televisi. Serial House of Cards malah mendapatkan sembilan nominasi Emmy Awards.

House of Cards merupakan drama politik yang diproduksi oleh Beau Willimon, berdasarkan adaptasi novel yang ditulis Michael Dobbs. Film ini dibintangi oleh peraih Piala Oscar Kevin Space, yang memerankan Senator dari Partai Demokrat di Amerika Serikat. Selain Spacey, terdapat juga nama seperti Robin Wright dan Kate Mara yang membintangi serial ini.

Sebanyak 13 episode di musim perdana serial ini ditayangkan secara berbayar atau on demand di Netflix. Tapi Netflix memperlihatkan kelasnya, sebab House of Cards mendapatkan nominasi untuk kategori istimewa. Nominasi itu antara lain Outstanding Drama Series, Outstanding Lead Actor in a Drama Series untuk Kevin Spacey, serta Outstanding Lead Actress in a Drama Series untuk Robin Wright.

Di ajang Emmy Awards tahun ini, House of Cards bersaing dengan serial populer lain seperti Mad Men, Game of Thrones, Breaking Bad, serta pemenang di 2012, Homeland.

Pertanda Kejayaan Streaming

Selain House of Cards, ada sejumlah serial lain yang khusus tayang di Netflix dan dinominasikan di Emmy Awards tahun ini. Serial itu antara lain Arrested Development dan Hemlock Grove. Netflix pun harus bersaing dengan stasiun televisi yang telah populer terlebih dulu, misalnya HBO.

Melihat nominasi yang didapat House of Cards, kritikus TV Eric Deggans pun melihat layanan streaming akan memiliki potensi yang lebih besar.

"Ini seperti industri televisi mulai melirik Netflix dan mengatakan: 'Kamu telah menciptakan acara berkualitas. Ini sesuatu yang harus diperhatikan'," ucap Deggans kepada the Guardian.

Netflix sendiri tak menyangka kalau salah satu serial yang ditayangkannya akan meraih sukses. "Ini sangat mengejutkan," kata Ted Sarandos, Chief Content Officer di Netflix. "Ini di luar perkiraan kami. Kami berpikir setidaknya salah satu nominasi akan bisa memenangkan ini... Ini seperti kemenangan televisi internet dan juga untuk pencipta konten," kata dia. (gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini